Ini Jumlah Ideal Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Rabu, 22 Februari 2017 - 10:20 WIB
Ini Jumlah Ideal Kenaikan Berat Badan Saat Hamil
Ini Jumlah Ideal Kenaikan Berat Badan Saat Hamil
A A A
JAKARTA - Selama masa kehamilan, calon ibu mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan suasana hati, mual, muntah hingga kenaikan berat badan. Namun, berapakah kenaikan berat badan yang ideal pada masa kehamilan?

"Dampaknya pada tumbuh kembang kehamilan yaitu berat badan bisa bertambah. Perlu diketahui, 10-15 kilogram itu penambahan berat badan yang ideal," papar dokter spesialis dan ginekologi dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, dr. Boy Abidin, SpOG (K) di Jakarta.

Sayangnya, banyak wanita mengeluhkan perubahan bentuk tubuhnya. Bahkan, kenaikan berat badan berlanjut setelah melahirkan. Akibatnya, kondisi ini menyebabkan rasa percaya diri menjadi turun. Padahal, kenaikan berat badan merupakan hal yang normal terjadi pada ibu hamil dan setelah melahirkan.

Lanjut dr Boy menjelaskan, kenaikan berat badan pada masa kehamilan umumnya disebabkan oleh meningkatnya cairan dan plasenta. Namun, Anda tak perlu khawatir. Pasalnya, kenaikan berat badan bisa dikontrol dengan rutin melakukan olahraga selama masa kehamilan. Seperti berenang dan peregangan.

"Perlu juga olahraga teratur, setiap pukul delapan pagi agar terkena paparan sinar matahari yang baik untuk tulang. Disarankan 30 menit, tiga kali seminggu," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6628 seconds (0.1#10.140)