Alasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks untuk Anak

Rabu, 08 Maret 2017 - 16:18 WIB
Alasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks untuk Anak
Alasan Pentingnya Memberikan Pendidikan Seks untuk Anak
A A A
JAKARTA - Pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi penting diberikan pada anak sejak usia dini. Tak hanya sekedar menjawab rasa penasaran anak, ilmu seksualitas pun memiliki manfaat lain untuk anak.

Seperti dikutip dari sexual Health training booklet, Safety Can Be Fun yang dirilis oleh DKT Indonesia, menjelaskan bahwa pendidikan seks bertujuan untuk mengubah pandangan tentang seks menjadi lebih tepat hingga mengubah anggapan negatif tentang seks.

Dengan diberikannya pendidikan seks, anak-anak akan mengerti bahwa seks merupakan sesuatu yang alamiah dan wajar terjadi pada setiap orang. Selain itu, pembekalan pendidikan seks juga bisa membantu menghindari berbagai perilaku seksual yang berisiko.

Seperti halnya kekerasan seksual serta hubungan seks diluar nikah yang menyebabkan kehamilan hingga infeksi menular seksual. Lantas dari mana anak-anak bisa mendapatkan pendidikan seks?

Hal tersebut bisa didapat dari keluarga dan sekolah. Di mana dalam hal ini, sekolah bisa memberikan pendidikan seks dari aspek kesehatan. Sedangkan keluarga atau rumah pada aspek emosional dan psikologis. Pasalnya, pendidikan seks tak hanya berbicara perihal fisik atau anatomi tapi juga emosi dan psikologis.

Namun, yang terpenting dalam pendidikan seks pada anak adalah bagaimana cara mempersiapkan anak secara bertahap agar siap menghadapi berbagai perubahan fisik dan emosional. Hal ini pun menyangkut seksualitasnya yang melewati fase remaja.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7830 seconds (0.1#10.140)