Perankan Kartini, Dian Sastrowardoyo Lakukan Riset Panjang

Minggu, 12 Maret 2017 - 15:43 WIB
Perankan Kartini, Dian Sastrowardoyo Lakukan Riset Panjang
Perankan Kartini, Dian Sastrowardoyo Lakukan Riset Panjang
A A A
JAKARTA - Dian Sastrowardoyo merasa tertantang perankan sosok Kartini di film terbarunya yang berjudul Kartini. Dian pun mendalami perannya sebagai Kartini.

Salah satu pendalaman yang dilakukan Dian adalah pada keyakinan Kartini terhadap kekuatan pendidikan yang bisa mengubah nasib seseorang, bahkan nasib suatu bangsa. Ibu dua anak ini pun harus melakukan riset panjang agar dia mampu memerankan tokoh ini dengan baik.

“Semakin dalam saya membaca dan belajar soal Kartini, semakin kagum saya terhadap beliau. Problema Kartini jauh lebih filosofis, dekonstruktif, jauh lebih postmodern," ujar Dian Sastro dalam keterangan resmi yang diterima Sindonew.

Pendalamannya ini membuatnya semakin menganggumi sosok Kartini. Menurutnya, Kartini membuat peran wanita lebih matang di masa modern.

"Kita diingatkan kembali bahwa orang Indonesia itu ada kemampuan berpikir sejauh itu dan seprogresif itu. Hal itu berarti ‘kan ada di DNA kita tetapi kenapa kita sekarang belum sampai ke situ? Apakah karena kita malas, atau apakah karena kita harus mengalami represi sebesar yang Kartini alami, baru kita bisa berkembang untuk menjadi seorang pemikir yang matang," papar Dian.

Film Kartini akan menjadi jawaban sekaligus dorongan bagi bangsa Indonesia akan pentingnya arti pendidikan ini. Film garapan Hanung Bramantyo ini akan mulai tayang di bioskop tanggal 20 April 2017.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3848 seconds (0.1#10.140)