10 Cara ini Dianggap Ampuh Cegah Perselingkuhan

Rabu, 29 Maret 2017 - 11:50 WIB
10 Cara ini Dianggap Ampuh Cegah Perselingkuhan
10 Cara ini Dianggap Ampuh Cegah Perselingkuhan
A A A
JAKARTA - Menjaga hubungan tetap utuh menjadi sebuah keharusan. Namun, dengan banyaknya godaan kesucian hubungan sangat mudah dirapuhkan.

Tapi, tenang saja. Banyak cara untuk mempertahankan sebuah hubungan dan mungkin 10 cara ini dianggap ampuh untuk mencegah perselingkuhan.

Cara apa saja itu? Berikut uraiannya dilansir dari Tabloid GENIE :
1. Tanpa Pamrih
Hal yang perlu Anda sadari dalam mencintai pasangan adalah memberi dengan tulus. Sebab, cinta adalah ketulusan hati. Untuk itu, tidak selayaknya menyelipkan pamrih demi keuntungan atau kesenangan sendiri. Misalnya, jangan berharap dengan mencintai pasangan Anda lantas senantiasa harus diperhatikan. Atau, dengan mencintai pasangan, Anda berharap pasangan tidak berbuat kesalahan. Semua itu hanya akan menyakitkan diri Anda. Ingat, mencintai berarti Anda hanya memberi. Jadi, jangan mengharapkan kembali. Timbal balik dari pasangan akan datang dengan sendirinya bila Anda tulus mencintainya.

2. Pikirkan Mengapa Anda Jatuh Cinta Pada Pasangan

Sebuah penelitian dari Universitas Florida menemukan bahwa pria yang banyak berpikir positif mengenai hubungannya akan menghabiskan lebih sedikit waktu melihat foto wanita lain. Jadi, ambil waktu sesaat untuk menghargai apa yang telah Anda raih bersama pasangan. Seiring berjalannya waktu, bisa jadi Anda merasakan perubahan pada hubungan Anda.

3. Jangan Banyak Menuntut

Jangan cemari hati dan cinta dengan begitu banyak tuntutan. Sebaliknya, Anda harus belajar untuk selalu memberi yang terbaik kepada orang lain, termasuk kepada pasangan. Sikap seperti ini akan membuat Anda tetap setia kepada cinta Anda yang tentu berbuah positif dalam hubungan. Terlalu banyak menuntut hanya akan berujung pada kepentingan pribadi sehingga tidak akan mampu menambahkan kedewasaan hubungan. Bahkan, sangat mungkin malah menghancurkan jalinan kasih Anda.

4. Jangan Takut Dikecewakan

Mungkin ini sangat sulit Anda lakukan. Biasanya, setiap orang selalu menghindari rasa kecewa dan selalu ingin senang. Tidak ada ruang dalam hatinya untuk rasa kecewa atau duka cita. Padahal, kehidupan memiliki banyak sisi yang harus dihayati. Untuk itu, agar Anda tetap setia kepada cinta Anda, jangan takut dikecewakan! Tidak selamanya pertumbuhan pribadi berasal dari kesuksesan atau kebahagiaan. Adakalanya, Anda harus merasakan kekecewaan akibat hubungan dengan orang lain, termasuk pasangan Anda. Sangat mungkin ada salah paham, cekcok, atau pertengkaran kecil yang tentu akan membuat hati Anda terluka. Namun, jangan takut. Anda dapat mendewasakan diri dari 'luka-luka kecil' seperti ini.

5. Jadilah Penghibur yang Baik

Tempatnya cinta adalah hati. Bila hati sedang terluka, seseorang memerlukan hiburan. Begitu pula bila hati pasangan Anda sedang berduka, hiburlah dia. Cinta Andalah yang akan menggerakkan diri Anda untuk memberi penghiburan dan penguatan bagi pasangan. Semua itu dapat Anda lakukan bila Anda memiliki cinta yang bermahkotakan kesetiaan. Anda tidak akan pernah dapat menjadi penghibur yang baik bila cinta Anda tidak Anda bekali untuk 'setia di saat duka sedang berkuasa.' Jadi, belajarlah menjadi penghibur yang baik bagi pasangan.

6. Pahami Sepenuh Hati

Manusia tidak selalu berada dalam situasi yang mudah. Seringkali, pasangan berada dalam situasi sulit dan mungkin Anda pun kesulitan untuk memahaminya. Mungkin ia sedang frustrasi, putus asa atau gagal. Nah, Anda harus bisa memahami hati pasangan yang sedang terpuruk ini. Pahami dia dengan sepenuh hati. Jangan malah terpancing dan memperburuk suasana batinnya. Misalnya, Anda memarahi kenapa dia bisa gagal atau menyalahkannya. Hindari sikap seperti ini. Justru, Anda harus bisa menginspirasi pasangan untuk sesegera mungkin bangkit dari frustrasinya.

7. Syukuri Apa yang Terjadi

Jangan mengeluh dan mengumpat bila Anda sedang gagal, berduka ataupun kecewa. Ucapkan syukur atas karunia hari-hari Anda yang penuh warna. Ucapkan syukur karena semua peristiwa akan membawa Anda tumbuh dalam kedewasaan. Dengan sikap ini, Anda akan dapat tetap setia dengan cinta Anda. Kekalutan hidup tidak akan membuat jiwa Anda kerdil. Bahkan sebaliknya, Anda akan semakin tangguh menghadapi apa pun yang terjadi. Jadi, tetap setialah kepada cinta Anda dengan mensyukuri semua pengalaman hidup Anda. Dari sinilah hubungan kasih dengan pasangan akan semakin kokoh.

8. Mandiri Dalam Pikir dan Tindakan

Kemandirian bukan berarti harus memikirkan diri sendiri tanpa memerhatikan orang lain, terutama pasangan hidup. Kemandirian dalam berpikir dan bertindak berarti mengedepankan rasa percaya diri dalam menghadapi setiap peristiwa yang terjadi. Kemandirian akan membuat Anda dapat tetap setia terhadap pasangan dan diri Anda sendiri. Anda akan semakin yakin bahwa cinta Anda membawa kekuatan diri yang berujung pada sikap positif dalam memandang cinta dan jalinan kasih Anda. Untuk itu, berusahalah untuk mandiri dalam pikiran dan tindakan.

9. Teguh dalam Harapan

Cinta tanpa pengharapan tentu akan sia-sia. Hidup tak akan pernah bergerak ke depan tanpa pengharapan. Seakan tidak memiliki fokus ke arah yang lebih baik lagi. Anda juga tidak akan dapat menambahkan sedikit demi sedikit makna cinta dalam hidup Anda. Untuk itu, milikilah harapan dan berusahalah untuk selalu untuk mewujudkannya. Dengan demikian, Anda akan tetap setia kepada cinta Anda. Jadi, selalu perteguh harapan akan hidup lebih baik dalam cinta dan kehidupan Anda berdua.

10. Padukan Kata dan Perbuatan

Cinta sebaiknya tak hanya di bibir. Jangan pula hanya diungkapkan dengan untaian kata yang indah. Padukan kata dan perbuatan sehingga makna cinta dapat Anda rasakan bersama pasangan. Paduan ini akan menjadi bukti bahwa Anda tetap setia terhadap cinta Anda. Kesetiaan ini membuat hubungan berada dalam kejujuran dan kepercayaan. Ini karena Anda selalu setia dan konsisten terhadap ucapan dan perbuatan Anda.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3867 seconds (0.1#10.140)