Terkena Maag Saat Berpuasa? Ini Cara Mengatasinya!

Senin, 05 Juni 2017 - 02:30 WIB
Terkena Maag Saat Berpuasa? Ini Cara Mengatasinya!
Terkena Maag Saat Berpuasa? Ini Cara Mengatasinya!
A A A
JAKARTA - Tak hanya menghadirkan hiburan serta produk berkualitas, Bazaar UKM dan Pasar Murah yang digelar Koran Sindo, SINDOnews, Tabloid Genie, Mom & Kiddie dan Majalah Just For Kids bersama Toko Tani juga memberikan banyak pengetahuan pada para pengunjung.

Melalui talkshow kesehatan bersama Promag, ratusan pengunjung yang didominasi oleh ibu rumah tangga ini mendapat pengetahuan terkait kesehatan lambung atau pencernaan di bulan puasa.

"Di bulan Ramadan ini kita bertujuan membagi pengetahuan, sembako berbagi kebahagiaan bagi masyarakat basis pembaca kita," papar GM Sales dan Marketing MNIG, Rini Irawati saat Bazaar UKM & Pasar Murah di Taman Honda, Tebet, Jakarta, Minggu (4/6/2017).

Dalam kesempatan ini Dokter RSPAD Gatot Subroto, Yenny Ch menjelaskan, bahwa maag merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap muncul saat puasa. Menurutnya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti konsumsi makanan pedas dan berlemak saat buka puasa.

"Makan asam, pedas, makan tidak teratur, minum kopi, makan berlemak, minuman yang berkafein, makan junkfood sampai stres itu bisa menyebabkan maag saat puasa," jelasnya.

Oleh karena itu, agar tetap sehat dan bisa berpuasa Yenny pun menyarankan untuk menjaga asupan makanan. "Kalau buka puasa jangan langsung makan berlemak, seperti gorengan dan sambel kacang. Awalilah dengan yang manis, yang cair, bisa teh manis, jangan es," ujar dia.

"Kalau langsung makanan seperti itu dampak pada tenggorokan itu nggak baik. Karena lambung kosong dan banyak gas, lambung bisa menciut dan kaget. Perut jadi melintir," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6784 seconds (0.1#10.140)