Tips Aman dan Nyaman Mudik Membawa Bayi

Selasa, 06 Juni 2017 - 21:20 WIB
Tips Aman dan Nyaman Mudik Membawa Bayi
Tips Aman dan Nyaman Mudik Membawa Bayi
A A A
MUDIK tahun ini tak lama lagi segera berlangsung. Tak salah jika sekarang ini Anda mulai merencanakan ritual tahunan jelang Hari Raya Idul Fitri.

Bagi Anda yang mempunyai bayi, perencanaan plus perhitungan cermat harus segera dilakukan demi urusan mudik yang berjalan lancar. Mulailah memikirkan moda transportasi apa yang akan digunakan karena hal ini adalah poin penting yang harus diperhatikan.

Tidak mungkin seorang bayi harus melalui perjalanan panjang yang melelahkan. Bisa jadi, tangisan bayi di sepanjang jalan akan menyertai Anda sampai kampung halaman.

Di antara banyaknya moda transportasi yang tersedia untuk mudik, pesawat terbang rasanya menjadi pilihan yang tepat. Kenapa? Dengan jarak tempuh yang relatif singkat dibanding moda transportasi lainnya, sisi kenyamanan bisa jadi alasan utama.

Nah, jika sudah menentukan pesawat sebagai pilihan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut:

1. Pastikan apakah bayi Anda membutuhkan kursi sendiri atau tidak
Umumnya, bayi sampai usia balita tidak membutuhkan kursi sendiri. Tapi, saat memesan tiket pesawat, Anda harus menyertakan identitas bayi Anda dalam kolom 'Infant' seperti penumpang umumnya. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan data jumlah penumpang yang ikut serta dalam satu kabin pesawat.

2. Siapkan dokumen identitas lengkap bayi Anda
Seperti penumpang umum lainnya, pihak maskapai akan memeriksa identitas saat check-in. Sangat mungkin bila pihak maskapai akan menanyakan identitas si bayi, seperti akta kelahiran untuk memastikan identitas.

Selain itu, jangan lupa membawa surat keterangan dari dokter yang menyatakan jika bayi Anda dalam kondisi sehat untuk melakukan perjalanan jauh. Hal ini kerap ditanyakan pihak maskapai dan mereka berhak memintanya. Di sisi lain, hal ini juga berguna buat Anda sendiri karena akan mengetahui kondisi bayi sebelum melakukan penerbangan.

3. Minta Aisle Seat
Pada saat check-in, mintalah aisle seat. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat bergerak dengan mudah jika perlu menenangkan bayi di tengah kabin. Di aisle seat, bayi pun tidak akan merasa kesempitan saat Anda pangku, sehingga akan mengurangi kemungkinan dirinya akan rewel.

Jika bayi masih aktif ASI, Anda dapat menyusuinya dengan leluasa tanpa mengganggu penumpang yang lain. Selain itu, duduk di aisle seat akan memudahkan Anda jika ingin ke toilet untuk mengganti popok bayi.

4. Pesan tiket yang memudahkan kebutuhan perjalanan
Banyak hal yang dipersiapkan untuk perjalanan mudik, terlebih jika Anda membawa bayi. Anda harus membeli pakaian hangat, persediaan popok lebih, mainan pengusir rewel, dan susu untuk di perjalanan. Hal ini kerap menyita waktu Anda, sehingga kemungkinan lupa akan jadwal penerbangan bisa terjadi.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa memesan tiket di situs yang menyediakan Flight Reminder , seperti Traveloka. Fitur ini berupa pesan singkat di Traveloka App yang akan mengingatkan jadwal penerbangan dan memberi informasi jika terjadi perubahan jadwal penerbangan Anda.

Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan fitur Online Refund, Easy Reschedule, Price Alerts, dan Multiple Payment Methods untuk kemudahan perjalanan mudik dengan pesawat terbang.

Dengan menerapkan empat tips di atas, Anda dapat lebih siap untuk membawa bayi saat mudik, apalagi jika sudah memesan tiket di situs booking yang menghadirkan fitur kemudahan untuk perjalanan mudik naik pesawat. Ingat, bayi Anda harus sedini mungkin dikenalkan dengan kebiasaan mudik Lebaran agar dia suka dan terbiasa mengikuti tradisi ini saat sudah besar nanti.

Semoga mudik Lebaran Anda tahun ini berjalan lancar dan menyenangkan!
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5781 seconds (0.1#10.140)