Meratakan Perut Saat Puasa? Coba Cara Ini!

Rabu, 07 Juni 2017 - 11:19 WIB
Meratakan Perut Saat Puasa? Coba Cara Ini!
Meratakan Perut Saat Puasa? Coba Cara Ini!
A A A
JAKARTA - Selain rasa lapar dan haus, kenaikan berat badan juga kerap dikeluhkan banyak orang saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Padahal, idealnya puasa bisa membuat tubuh lebih sehat dan tentunya menurunkan bobot tubuh.

Biasanya, kenaikan berat badan selama puasa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti halnya buka puasa dan konsumsi gula yang berlebihan hingga ngemil di malam hari yang bisa memicu melonjaknya berat badan hingga menyebabkan perut menjadi buncit.

Lantas bagaimana untuk mengatasi hal ini? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan menjalankan pola hidup sehat. Berikut tips mengecilkan perut saat puasa seperti dilansir dari Al Arabiya News.

1. Kurangi stres dengan makanan yang tepat
Ahli gizi New York sekaligus penulis buku The Whole Life Fertility Plan, Kim Ross menyarankan untuk menghilangkan lemak dengan menjauhi makanan yang bisa memicu stres seperti kafein, gula, dan makanan olahan. Sebagai gantinya, konsumsi makanan nabati seperti sayur mayur, buah-buahan, kacang-kacangan, alpukat, biji-bijian.

2. Mengonsumsi sayuran kaya serat
"Makanan kaya serat dapat membantu meluruhkan lemak. Makanan ini juga bisa mengenyangkan lebih lama," papar Kim.

Makanan tersebut seperti brokoli, kubis, kacang polong, oatmeal, apel, pir, kacang hitam, kacang kratok, artichoke, alpukat, raspberry. "Makanan ini juga berfugsi mengurangi risiko stroke, darah tinggi, dan penyakit jantung," tambahnya.

3. Atur hormon dengan biji-bijian
Pastikan hormon Anda teratur dan dalam pengawasan. Caranya menyeimbangkan hormon bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi biji flax dan biji chia. "Mereka akan mengatur hormon yang berdampak pada penyimpanan lemak. Biji-bijian ini bisa diubah menjadi smoothies atau ditabur di atas salad," ujarnya.

4. Air sassy
Air sassy atau yang dikenal juga dengan air anti buncit dipercaya bisa meredakan rasa kembung. Air ini dinamakan sesuai dengan nama pakar nutrisi yang menemukan air teresebut, Cynthia Sass.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6935 seconds (0.1#10.140)