Tips Membuat Kue Kering yang Tebal dan Lembut

Jum'at, 23 Juni 2017 - 08:20 WIB
Tips Membuat Kue Kering yang Tebal dan Lembut
Tips Membuat Kue Kering yang Tebal dan Lembut
A A A
JAKARTA - Menyiapkan kue kering sudah menjadi tradisi yang kerap dilakukan setiap orang dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Meski telah rutin setiap tahun membuat kue
kering sendiri, tak sedikit orang-orang yang gagal dalam membuatnya.

Bagi Anda menyukai kue kering dengan tekstur yang lembut, halus dan tebal seperti kue oatmeal, kue nastar, kue kacang dan yang lainnya, ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan. Dikutip dari Thespruce, berikut yang harus Anda perhatikan dalam membuat kue kering bertekstur lembut.

1. Tepung
Tepung khusus untuk kue yang memiliki kandungan protein lebih rendah dan lebih asam daripada tepung serbaguna akan lebih banyak menghasilkan uap dan membuat kue kering lebih mengembang serta tekstur yang lebih lembut.

2. Lemak
Mentega putih yang memiliki titik leleh tinggi dan kokoh lebih lama selama proses pembuatan kue sebaiknya menjadi pilihan, karena mentega jenis ini mampu mencegah adonan kue kering yang menyebar. Kue yang tidak menyebar saat dipanggang akan memiliki tekstur lebih tebal, lebih lembut dan lebih manis.

3. Gula
Dengan menggunakan gula palem yang lebih asam dan hidrofilik dapat memertahankan kelembaban dan menghasilkan kue kering yang lebih lembut. Bila berpadu dengan telur, pH asam gula palem akan membantu denaturasi (menguatkan) telur lebih cepat dan mencegah adonan menyebar.

4. Telur
Telur dalam resep kue kering juga memberikan kelembaban dan menambah tekstur menjadi lebih tebal. Jumlah uap yang meningkat membantu meragi adonan kue dan menghasilkan kue kering yang lembut dan lembab. Telur yang mengeras saat dipanggang dapat mencegah kue mengempis setelah dingin.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6480 seconds (0.1#10.140)