alexametrics

Tambahkan Kacang pada Kue Lebaran, Simak Tips Ini Agar Hasilnya Sempurna

loading...
Tambahkan Kacang pada Kue Lebaran, Simak Tips Ini Agar Hasilnya Sempurna
Penambahan kacang bertujuan untuk memberikan rasa gurih dan memperkaya tekstur pada kue. Foto Ilustrasi/Mother Nature Network
A+ A-
JAKARTA - Kacang adalah salah satu bahan yang sering digunakan sebagai tambahan pada kue Lebaran seperti kue kacang, kue putri salju, dan sebagainya. Penambahan kacang bertujuan untuk memberikan rasa gurih dan memperkaya tekstur pada kue.

Selain itu, kacang juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Menambahkan kacang bukan hal yang sulit, namun jika ada kesalahan bisa membuat kue terasa pahit atau gosong. Agar kue yang mengandung kacang tidak terasa pahit dan tampilannya tetap bagus, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari laman Endeustv. (Baca Juga: 5 Langkah Mudah Mengolah Kolang Kaling Agar Tidak Asam)

1. Pilih Kacang Berkualitas
Langkah paling awal adalah, pastikan Anda memilih kacang yang berkualitas. Rasa kacang memang ditentukan oleh kualitasnya, sehingga harus menggunakan kacang yang bagus. Jenis kacang yang bisa digunakan untuk kue Lebaran adalah kacang tanah, kacang almond, dan kacang mede.

Apapun jenis kacang yang dipilih, usahakan untuk memilih kacang yang berkualitas baik. Tidak apek dan bentuknya masih bagus. Hindari memilih kacang dengan bentuk keriput dan memiliki noda hitam di permukaannya karena biasanya kacang tersebut memiliki rasa yang pahit.

Sementara itu, agar memudahkan saat memasak, sebaiknya pilih kacang yang sudah dikupas. Kacang yang masih terbungkus kulit ari harus dikupas terlebih dahulu secara manual dengan menggunakan air hangat.

2. Olah Kacang Mentah Terlebih Dahulu
Sebelum ditambahkan ke dalam adonan kue, sebaiknya kacang sudah disangrai hingga matang. Jangan menambahkan kacang yang masih mentah ke dalam adonan kue karena akan menyebabkan rasa menjadi kurang enak dan kue tidak tahan lama.

Kacang bisa diolah dengan cara disangrai atau dipanggang. Apapun metode yang digunakan, sebaiknya gunakan api yang kecil dan kacang selalu diaduk agar kacang tidak cepat gosong.

Mengolah kacang juga sebaiknya tidak terlalu matang karena kacang akan dipanggang lagi bersama dengan kue. Segera angkat kacang bila warnanya sudah agak kecokelatan agar warna kue juga tetap cantik.

3. Dinginkan Kacang Sebelum Digunakan
Jika kacang sudah selesai disangrai atau dipanggang, dinginkan kacang dengan cara diangin-anginkan. Anda bisa meletakkan kacang pada wadah datar agar bisa dingin merata. Hindari mencampur kacang yang masih panas ke dalam adonan kue karena akan membuat tekstur kue menjadi tidak renyah. (Baca Juga: 5 Langkah Buat Kue Sagu Keju Lembut dan Lumer di Mulut)

4. Hancurkan Kacang
Jika diperlukan, kacang bisa dicincang sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Kacang yang dicincang dengan kasar akan membuat tekstur kue menjadi renyah. Kacang bisa dicincang secara manual menggunakan lumpang atau pisau biasa sesuai dengan tekstur yang diinginkan.

Namun, jika ingin kue kacang memiliki rasa yang gurih, haluskan kacang hingga seperti selai kacang. Gunakan food processor atau blender dry mill untuk menghaluskan kacang. Kacang bisa dihaluskan hingga benar-benar lumat dan mengeluarkan minyak.
(tsa)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak