Setiap Jam, 1 Wanita Meninggal Setiap Hari Akibat Kanker Serviks

Selasa, 13 Juni 2017 - 11:18 WIB
Setiap Jam, 1 Wanita Meninggal Setiap Hari Akibat Kanker Serviks
Setiap Jam, 1 Wanita Meninggal Setiap Hari Akibat Kanker Serviks
A A A
JAKARTA - Data Globocan yang dirilis oleh WHO atau ICO Information Centre on HPV and Cervical Cancer tahun 2012 menyebutkan bahwa terdapat satu wanita Indonesia meninggal dalam satu jam setiap harinya karena kanker serviks. Jumlah tersebut disertai dengan 58 kasus baru setiap harinya.

Melihat fakta tersebut, Inisiator program Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), Prof. dr. Andrijono SpOG (K) menekankan pentingnya untuk melakukan pencegahan sejak dini. Pencegahan dan deteksi bisa dilakukan melalui vaksinasi hingga skrining.

"Saat ini program pemberian vaksin HPV baru dilakukan di DKI Jakarta dan segera menyusul kota lain Yogyakarta, Surabaya dan Manado. Dibandingkan skrining, vaksin HPV terbukti lebih efektif bisa mencegah kanker serviks dan aman," papar Prof Andrijono melalui siaran pers.

Fakta lainnya adalah kanker serviks menjadi pembunuh utama wanita di seluruh dunia, terutama di negara miskin dan berkembang. Sementara di Indonesia, penyakit ini menempati posisi ketiga penyebab kematian para wanita. Penyakit ini pun masih menjadi momok menakutkan bagi para wanita.

Tak heran jika saat ini wanita Indonesia sedang dalam situasi genting terkena kanker serviks. Prof Andrijono pun berharap kepada pemerintah untuk segera menjadikan program vaksinasi HPV secara nasional guna mencegah angka kematian yang semakin banyak.

"Kematian Julia Perez ini sangat bisa jadi momentum untuk mendorong program nasional vaksin HPV sebagai salah satu cara paling efektif mencegah kanker serviks," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5683 seconds (0.1#10.140)