Lagu Ninabobo Bisa Membantu Menambah Kosakata Anak

Jum'at, 07 Juli 2017 - 19:30 WIB
Lagu Ninabobo Bisa Membantu Menambah Kosakata Anak
Lagu Ninabobo Bisa Membantu Menambah Kosakata Anak
A A A
JAKARTA - Lagu ninabobo kerap digunakan para orangtua untuk menidurkan buah hati. Lagu ini dinilai mampu memberikan ketenangan sehingga si kecil tidur lebih cepat dan nyenyak. Namun, peneliti menemukan fakta lain mengenai lagu-lagu seperti ini.

Dilansir dari ABC Australia, lagu ini dipercaya bisa membantu tumbuh kembang anak. Dosen pendidikan anak usia dini dari Charles Darwin University, Dr Georgina Nutton mengatakan, lagu anak-anak mengajarkan tentang pola dalam berbahasa sejak dini.

"Saat usianya memasuki 2—3 tahun, ketika Anda mengucapkan sesuatu, si kecil akan menimpalinya dengan kata-kata bersajak yang sesuai dengan apa yang Anda ucapkan," papar Dr Georgina.

Sedangkan ahli patologi dari CDU, Dr Bea Staley menjelaskan, anak seperti 'celengan binatang' yang mengharuskan para orang tua rutin menambah kosakata mereka. Hal ini bisa menjadi bekal si kecil saat memasuki masa sekolah nanti.

"Saat duduk di bangku sekolah, kosakata ini sangat diperlukan. Dan makin banyak kosakata yang Anda ajarkan, makin baik performa mereka di sekolah. Ketika anak tiba-tiba bisa membaca, itu sebenarnya karena dia punya banyak pengalaman dengan lagu-lagu seperti ninabobo atau permainan nada lainnya," kata Dr Bea.

Namun, guna menambah kosakata si kecil, Dr Georgina mengatakan bisa menggunakan lagi apa saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan lagu gubahan sendiri yang familiar untuk Anda.

"Yang terpenting, nyanyikan dengan penuh kegembiraan, maka mereka akan menyerapnya dengan baik. Dan bila Anda sendiri yang membawakannya, ini akan menambah kedekatan Anda dengan sang buah hati mengingat dia sudah mendengar suara Anda sejak masih dalam kandungan," tutur Dr Georgina.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7407 seconds (0.1#10.140)