Pentingnya Pemenuhan Nutrisi untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak

Rabu, 17 Mei 2023 - 14:06 WIB
loading...
Pentingnya Pemenuhan Nutrisi untuk Tingkatkan Kecerdasan Anak
Orang tua pastinya mendambakan anaknya bisa tumbuh cerdas, sehingga bisa bermanfaat di tengah kehidupan bermasyarakat. / Foto: ilustrasi/The Metro
A A A
JAKARTA - Orang tua pastinya mendambakan anaknya bisa tumbuh cerdas, sehingga bisa bermanfaat buat banyak orang. Dalam menunjang semua itu, orang tua memiliki peranan yang sangat penting.

Kecerdasan sendiri bisa didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk memproses informasi, berpikir logis, mengambil keputusan, serta beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Seperti dilansir laman Connections Academy, penelitian dari National Institute of Health menunjukkan bahwa 50 persen kecerdasan berasal dari genetika, sedangkan 50 persen lainnya berasal dari faktor lain, termasuk lingkungan anak.



"Untuk 50 persen yang dapat dikontrol oleh orang tua, mereka memainkan peran kunci dalam mendukung perkembangan kognitif anak mereka," lanjut laporan tersebut, dikutip Rabu (17/5/2023).

Di sini, yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kecerdasan anak adalah dengan menstimulasi perkembangan sel otak anak. Stimulasi yang tepat sangat penting untuk memastikan tumbuh kembang sel otak yang optimal pada anak.

Stimulasi tersebut, menurut laman Parenting Science, bisa berasal dari lingkungan sekitar, seperti mainan, musik, dan interaksi dengan orang dewasa atau teman sebaya. Sel otak yang menerima rangsangan akan membentuk sinapsis atau koneksi dengan sel otak lainnya, sehingga membentuk jaringan saraf yang kompleks dan memperkuat fungsi otak pada anak.

Sementara, kurangnya stimulasi bisa berakibat terhadap keterlambatan dalam perkembangan otak, yang dapat memengaruhi kemampuan anak dalam berbicara, berpikir, belajar, dan berinteraksi dengan orang lain.

Dengan demikian, penting bagi orang tua untuk memberikan stimulasi yang tepat pada anak sejak usia dini.

Selain aktivitas-aktivitas yang melatih otak, makanan yang anak-anak konsumsi sejak dini juga sangat perlu diperhatikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)