10 Video Musik Era 90an yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Senin, 11 September 2017 - 05:30 WIB
10 Video Musik Era 90an yang Paling Banyak Ditonton di YouTube
10 Video Musik Era 90an yang Paling Banyak Ditonton di YouTube
A A A
JAKARTA - Tahun 90an adalah masa-masa dimana video musik berhamburan di layar televisi. Sayang, masa itu belum ada YouTube atau layanan streaming untuk mengunduh atau menontonnya terus menerus sehingga orang pun harus menanti video kesayangan mereka diputar di acara musik di televisi.

Meski begitu, kualitas video musik di masa itu tidak kalah dengan masa sekarang. Bahkan, beberapa di antaranya begitu ikonik dan membekas di benak para penggemar penyanyi atau band yang membawakan lagu di video tersebut.

Di antara banyaknya video musik di era 90an, beberapa di antaranya sampai sekarang masih sering ditonton orang di YouTube. Meski jumlah views-nya belum bisa menyaingi video masa kini ala Taylor Swift atau Justin Bieber, tapi, video-video ini sangatlah menarik untuk disaksikan.

Dikutip dari Reddit dengan pemutakhiran data dari YouTube hingga artikel ini diunggah, berikut 10 video musik dari band atau penyanyi era 90an yang paling banyak ditonton di layanan video streaming itu. Apakah favorit Anda masuk?

1. Guns N' Roses — November Rain

856,7 juta views
Siapa yang tak kenal dengan video musik yang satu ini? Dirilis pada 1992 sebagai pelengkap hits Guns N’ Roses dari album Use Your Illusion, video ini memang lain dari yang lain. Ada kisah cinta tragis di video sepanjang 9 menit ini. Dan, sampai sekarang, mengapa si gadis yang menjadi tunangan dan calon istri Axl Rose ini tewas di akhir video masih menjadi bahan perdebatan.

2. Nirvana — Smells Like Teen Spirit

589,6 juta views
Video ini tergolong sederhana. Di video ini, Nirvana dengan personel lengkap muncul dengan tampil di panggung bersama para fans-nya. Walau sederhana, video ini meraih dua piala di MTV Video Music Awards dan sering kali diputar di televisi.

3. The Cranberries — Zombie
578 juta views
Di video ini, vokalis The Cranberries, Dolores O’Riordan, tampil dengan makeup dan kostum warna emas dengan muncul di depan sebauh salib. Di video ini juga ada cuplikan gambar anak-anak yang sedang perang-perangan dan tentara Inggris sedang berpatroli di kawasan Irlandia Utara.

4. Whitney Houston — I Will Always Love You
475 juta views
Video musik ini adalah soundtrack dari film The Bodyguard yang dibintangi Whitney Houston dan Kevin Costner. Video ini diawali dengan potongan gambar Whitney yang sedang menyanyikan lagu itu di akhir film. Saat syuting video ini Whitney sedang mengandung bakal calon putrinya, Bobbi Kristina.

5. Scorpions — Wind of Change
456,6 juta views
Tema perang masih sering menghiasi video musik sejumlah musisi 90an. Salah satunya adalah Wind of Change milik Scorpions ini. Video musik lagu ini berisi potongan-potongan video perang dan diplomasi tokoh dunia selain penampilan panggung band ini. Lagu ini dirilis hanya beberapa saat setelah kudeta gagal yang kemudian menyebabkan keruntuhan Uni Soviet pada 1991.

6. No Doubt — Don't Speak
436 juta views
Video ini berkisah tentang pertengkaran di sebuah band karena sang vokalis (Gwen Stefani) selalu menjadi fokus utama dan personel lain hanya menjadi background. Video ini diangkat dari pengalaman langsung No Doubt yang nyaris bubar sehari hari sebelum syuting video itu dilakukan karena adanya ketegangan di antara para personelnya. Mereka memutuskan untuk tetap syuting dan menggunakan kesempatan itu sebagai terapi.

7. Guns N' Roses — Don't Cry
410,5 juta views
Video ini mengisahkan tentang kisah nyata antara Axl Rose dan mantan istrinya saat itu, Erin Everly. Saat itu, Axl ingin bunuh diri, tapi dicegah Erin. Setelah itu, Axl menderita gangguan mental. Di video itu, Axl memerankan dirinya sendiri sedangkan sosok Erin digantikan pacarnya saat itu, Stephanie Seymour.

8. Aqua — Barbie Girl
410,2 juta views
Aqua dan label rekaman mereka, MCA, sempat menghadapi gugatan dari Mattel sebagai produsen Barbie yang menganggap band itu melanggar hak cipta dan membuat Barbie terkesan seperti objek seks. Tapi, gugatan itu ditolak hingga tingkat kasasi. Pada akhirnya, kedua belah pihak berdamai dan Mattel bahkan menggunakan lagu itu untuk promosi boneka buatan mereka tersebut.

9. Bon Jovi — Always
373 juta views
Lagu ini awalnya ditulis untuk soundtrack film Romeo Is Bleeding pada 1993. Tapi, karena band ini tidak suka filmnya, mereka memutuskan untuk tidak meminjamkan lagu Always kepada para produser. Jon Bon Jovi meninggalkan lagu itu dan melupakannya sampai seorang teman menemukannya dan meyakinkannya untuk merekam ulang lagu itu. Always kemudian masuk ke album kompilasi band ini berjudul Cross Road yang dirilis pada 1994.

10. Michael Jackson They Don’t Care About Us
366 juta views
Ini adalah salah satu video yang sulit dilakukan Michael Jackson. Pemerintah negara bagian Rio de Janeiro berusaha keras untuk menghambat kru video musik ini syuting di kota itu karena pejabat di negara bagian di Brasil itu khawatir citra kemiskinan bakal berdampak pada wisata dan menuduh Michael mengekploitasi kaum miskin. Tapi, usaha melarang syuting video itu gagal dan Michael pun bisa syuting dengan arahan sutradara Spike Lee.

Bonus
Angka raihan views untuk lagu They Don’t Care About Us milik Michael Jackson ini sebenarnya masih kalah dengan video Californication milik Red Hot Chili Peppers. Video Californication meraih 371 juta views. Sayang, meskipun lagu dan album ini dirilis pada 1999, video lagu Californication dirilis pada 2000, sehingga tidak bisa masuk hitungan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8045 seconds (0.1#10.140)