6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Senin, 02 November 2020 - 01:06 WIB
loading...
6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses
Banyak fakta di balik lagu November Rain milik Guns N Roses. Lagu ini seakan menjadi lagu wajib yang diputar ketika bulan kesebelas kalender Masehi menyapa. (Florida Politics)
A A A
Sejak dirilis sebagai single pada Juni 1992, lagu November Rain telah menjadi salah satu lagu terpopuler Guns N Roses . Hingga saat ini, lagu tersebut merupakan lagu dari era 90an dengan views terbanyak di YouTube. Tercatat, hingga artikel ini dibuat, video musik lagu itu di channel resmi Guns N Roses telah ditonton sebanyak 1,4 miliar kali.

Banyak faktor mengapa lagu sepanjang 8 menit 57 detik itu disukai sampai saat ini. Liriknya yang mendayu dipadu dengan alunan musik rock campur sedikit nuansa orkestra membuatnya terdengar megah. Aksi solo gitar Slash di lagu ini pun cukup fenomenal dan menjadi salah satu aksi solo gitar terfavorit penggemarnya.

Di sisi lain, banyak fakta menarik yang terungkap dari lagu November Rain ini. Lagu ini sebenarnya bukanlah lagu gacoan dari album kedua Guns N Roses (GNR), yaitu Use Your Illussion I, yang dirilis pada September 1991. Lagu ini merupakan single ketiga yang justru meraup sukses di tangga lagu saat itu.

November Rain adalah lagu dengan durasi terpanjang yang pernah masuk Billboard Hot 100 dengan menduduki anak tangga ke-3. Selain itu, video musik lagu ini bahkan menciptakan teori konspirasi terkait cerita yang terkandung di dalamnya. Video musik ini juga merupakan bagian dari trilogi video musik 3 lagu Guns N Roses. Lantas fakta menarik apalagi dari dari lagu ini?

1. Sempat ditolak Slash dan Duff McKagan
6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Lagu ini memang masuk di album kedua Guns N Roses, Use Your Illusion I. Namun, dalam autobiografinya, gitaris band ini, Slash, menyatakan, lagu itu sudah ada sejak 1986, atau sebelum Appetite for Destruction dirilis—album pertama GNR ini dirilis pada 1987. Lagu itu aslinya berdurasi 18 menit. Laman Wikipedia menyebut, versi itu sempat direkam dalam sebauh sesi GNR bersama gitaris Nazareth, Manny Charlton.

Sementara, menurut vokalis GNR, Axl Rose, para personel band itu sebenarnya enggan merekam lagu tersebut. Slash dan Duff McKagan adalah yang paling vokal menyatakan penolakan mereka terhadap produksi lagu balada ini. Namun, setelah diskusi panjang dengan Axl, mereka akhirnya sepakat untuk merekam album tersebut.

2. Single ketiga album Use Your Illusion I
6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Ketika album kedua GNR, Use Your Illusion I dirilis pada September 1991, lagu Don’t Cry adalah single andalannya. Setelah itu, band asal Los Angeles itu merilis Live and Let Die sebagai single kedua mereka. Sementara, November Rain dirilis sebagai single ketiga pada Februari 1992.

Meski berstatus sebagai single ketiga, lagu ini tidak mengecewakan. November Rain berhasil masuk Billboard Hot 100 dan berada di tangga ketiga. Selain itu, lagu itu juga mencetak rekor sebagai lagu terpanjang yang pernah masuk ke top 10 chart bergengsi tersebut. November Rain berdurasi 8 menit 57 detik.

3. Video musik fenomenal
6 Fakta Menarik Seputar Lagu November Rain Milik Guns N Roses

Tak hanya perpaduan lirik dan musiknya yang memikat, November Rain juga dilengkapi dengan video musik yang cukup menarik. Ada jalinan cerita di dalamnya. Video musik ini disutradarai Andy Morahan dan dibintangi oleh para personel GNR plus pacar Axl saat itu, Stephanie Seymour.

Selain itu, video musik ini juga menampilkan aksi solo gitar Slash di luar sebuah kapel kecil dengan helicopter terbang di atasnya. Sebenarnya, Slash tidak harus tampil di depan kapel kecil, tapi di ladang. Hanya, ketika video musik ini dibuat, wilayah itu sedang memasuki musim dingin sehingga tidak ada ladang yang bagus untuk menjadi lokasi syuting. Kru pembuat video itu akhirnya memindahkan syuting solo gitar Slash ke New Mexico dengan membangun kapel kecil. Sementara, adegan pernikahan Axl dan Stephanie dilakukan di katedral di Los Angeles.

Pada masanya, video musik November Rain ini adalah yang termahal. Berbiaya USD1,5 juta, tak banyak video musik lain yang mampu menumbangkan rekornya. Salah satunya adalah video musik Scream milik Michael Jackson dan Janet Jackson. Biaya terbesar dalam pembuatan video November Rain adalah pembangunan kapel di tengah gurun di New Mexico. Video musik ini juga melibatkan tak kurang dari 1.500 figuran yang “menghadiri” konser GNR di sebuah teater yang sengaja disewa untuk pembuatan video musik ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)