Efek Makan Nasi dan Mi Bersamaan

Rabu, 13 September 2017 - 02:11 WIB
Efek Makan Nasi dan Mi Bersamaan
Efek Makan Nasi dan Mi Bersamaan
A A A
JAKARTA - Banyak orang makan nasi dikombinasikan dengan mi. Beberapa alasannya karena cara membuatnya mudah, nikmat dan mi sebagai lauk yang tepat, terlebih saat disantap pagi hari. Sayang, kombinasi itu tidak menyehatkan.

Jika Anda termasuk orang yang suka makan nasi dan mi berbarengan, maka masalah utama kesehatan yang terjadi adalah diabetes . Mi dan nasi merupakan bahan karbohidrat tinggi yang bisa merusak pankreas saat memproduksi insulin.

"Nasi dan mi insan itu dua-duanya karbohidratn yang menaikan gula darah dengan cepat. Efeknya penyakit diabetes karena pankreas kita akan bekerja keras dalam mendapatkan insulin," kata Ahli Gizi Dr Samuel Oetoro Ms Sp GK di Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Untuk itu, disarankan agar memilih makanan dengan karbohidrat seimbang. Dalam hal ini, seperti biskuit yang mengandung gandum dan tidak menghilangkan karbohidrat yang terkandung didalamnya.

"Kalau ada jangan mi instan. Pilih makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kalau mau instan, bisa pilih biskuit, tapi yang tidak menghilangkan kandungan karbohidratnya," tegas dia.

"Kebutuhan yang kita makan itu disesuaikan dengan usia tinggi badan, jenis kelamin, dan aktivitas. Lain dengan orang yang aktivitasnya tinggi. Nah, itu butuh energi yang lebih. Makanya sarapan itu sangat penting," tukas Dr Samuel.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3782 seconds (0.1#10.140)