Wonderful Indonesia Hiasi Moda Transportasi Washington DC

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 05:30 WIB
Wonderful Indonesia Hiasi Moda Transportasi Washington DC
Wonderful Indonesia Hiasi Moda Transportasi Washington DC
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara dengan berbagai macam kampanye dan promosi. Tak hanya di dalam negeri, kampanye pariwisata dengan jargon Wonderful Indonesia pun gencar dilakukan di luar negeri.

Salah satunya dilakukan di jantung pemerintahan Amerika Serikat (AS), Washington DC. Selama satu bulan penuh di Oktober ini, Wonderful Indonesia bakal tampil di bus-bus umum di kota tersebut.

“Transportasi publik di DC kami lihat sebagai media yang sangat strategis untuk kampanye Wonderful Indonesia. Kami harap inisiatif ini akan dapat menjaring minat lebih banyak turis AS untuk mengunjungi Indonesia,” papar Dubes RI untuk AS Budi Bowoleksono, saat peluncuran gambar raksasa Dive Indonesia dan tagline Wonderful Indonesia di badan bus kota yang berlangsung di halaman depan KBRI Washington DC, Jumat (6/10/2017) waktu setempat, dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews.

Kampanye Wonderful Indonesia yang didukung penuh oleh kantor Walikota Washington D.C. dan Kementerian Pariwisata RI tersebut memanfaatkan moda transportasi publik sebagai media berjalan untuk mengenalkan Indonesia kepada masyarakat AS khususnya di wilayah D.C., Maryland, dan Virginia (DMV). Terdapat 10 bus kota dan 2 bus pariwisata yang beroperasi sepanjang hari dan memuat gambar lokasi wisata di Indonesia. Lokasi-lokasi yang tampil di badan bus itu adalah Tana Toraja, Candi Borobudur, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Pantai Lombok, DKI Jakarta, Danau Toba di Sumatera Utara, Bali, lokasi Diving di Wakatobi, Bunaken, dan Raja Ampat.

“Kami meyakini bahwa hubungan bilateral kedua negara akan semakin meningkat jika terjadi hubungan people-to-people yang intensif. Saling kunjung antar-masyarakat kedua negara akan sangat positif dalam membangun saling pengertian, serta nantinya membuka peluang kerja sama mupun pengembangan berbagai inisiatif yang bermanfaat bagi kedua negara,” tutur Budi.

Menurut Budi, kampanye ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang Indonesia kepada masyarakat. Pada akhirnya akan lebih banyak yang tertarik untuk tahu dan kemudian berkunjung ke Indonesia.

Data selama ini menunjukkan bahwa lebih dari 75 juta warga AS setiap tahun melakukan kunjungan wisata ke luar negeri. Dari angka tersebut hanya 5 juta diantaranya yang berkunjung ke Asia. Sementara data statistik Kementerian Pariwisata Indonesia menunjukkan, pada tahun 2016 kunjungan wisatawan AS ke Indonesia berada pada peringkat ke-12 dengan jumlah sekitar 296.000 wisatawan.

“Inisiatif luar biasa ini pasti akan memunculkan keingintahuan publik Amerika terhadap Indonesia. Kami siap bekerja sama dalam berbagai inisiatif lainnya untuk meningkatkan people-to-peole contact antara kedua negara,” tutur Secretary of the Office of the Mayor of Washington DC Lauren C Vaughan, yang hadir pada acara peluncuran kampanye tersebut.

Selain memanfaatkan bus kota, inisiatif kampanye Wonderful Indonesia yang dilaksanakan oleh KBRI Washington DC juga menampilan berbagai poster wisata yang dipasang di stasiun Metro/kereta bawah tanah serta di lokasi bike share di ibu kota AS. Sistem transportasi yang dikelola secara terintegrasi oleh Washington Metropolitan Area Transport Authority (WMATA) ini pada tahun 2016 melayani 5 juta penduduk wilayah DMV.

Kampanye Wonderful Indonesia akan berlangsung selama sebulan penuh di bulan Oktober 2017. Pemilihan waktu ini juga dilakukan mengambil momentum pelaksanaan Annual Meetings of the International Monetary Fund and the World Bank Group yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2017 di Washington DC.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6744 seconds (0.1#10.140)