Ini Alasan Kehujanan Bisa Bikin Orang Sakit

Jum'at, 20 Oktober 2017 - 18:12 WIB
Ini Alasan Kehujanan Bisa Bikin Orang Sakit
Ini Alasan Kehujanan Bisa Bikin Orang Sakit
A A A
JAKARTA - Setelah kehujanan, tidak sedikit orang yang mudah sakit. Hal ini disebabkan karena paparan suhu dingin yang tidak biasa atau mendadak sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan terjadinya penyempitan pembuluh darah.

Saat hujan, virus juga akan menyebar lebih cepat dan menginfeksi sehingga seseorang lebih mudah sakit karena kekebalan tubuh menurun.

Dilansir Menshealth, air hujan membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin terutama di daerah kepala sehingga untuk mengurangi rasa dingin, tubuh pun berusaha mengeluarkan energi lebih besar. Kondisi inilah tubuh sakit atau memicu sakit kepala.
Selain itu air hujan yang turun juga mengandung gas atau senyawa yang ada di udara sehingga lebih bersifat asam.

Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis membuat konsentrasi asam dari gas dan senyawa tersebut semakin besar sehingga tubuh menjadi sakit, meski hanya terkena gerimis. Tekanan udara yang rendah saat hujan atau mendung juga menjadi pemicu penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga sakit kepala atau terjadi infeksi lainnya.

Beberapa penyakit yang kerap muncul setelah kehujanan seperti sakit kepala, flu akibat virus atau paparan udara dingin, penyakit infeksi menular serta gatal yang disebabkan tubuh yang basah dan pakaian lembab serta jamur di kulit. Untuk meningkatkan stamina tubuh saat musim hujan, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin.

Setelah kehujanan, jangan lupa untuk membilas rambut. Cara ini mampu menghilangkan senyawa-senyawa dan gas bersifat asam yang terbawa dalam air hujan. Agar suhu tubuh tidak semakin dingin dan membuat kekebalan tubuh semakin menurun, ganti juga pakaian yang basah.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0084 seconds (0.1#10.140)