Pangeran Brunei Abdul Mateen Fanatik Olahraga Polo

Rabu, 13 Desember 2017 - 12:38 WIB
Pangeran Brunei Abdul Mateen Fanatik Olahraga Polo
Pangeran Brunei Abdul Mateen Fanatik Olahraga Polo
A A A
SEPERTI anggota kerajaan pada umumnya, Pangeran Abdul Mateen juga sangat menyukai olahraga polo berkuda. Kompleksitas permainan merupakan salah satu faktor yang menjadikan Mateen jatuh hati pada olahraga ini.

Bayangkan saja, di tangan kiri pemain harus mengontrol kuda yang ditunggangi, sementara tangan kanan memegang mallet atau tongkat pemukul sambil memberikan pukulan yang lembut. "Jadi pada saat bersamaan kita harus agresif, sekaligus tenang," katanya.

Polo adalah olahraga beregu yang dimainkan di atas kuda dengan tujuan mencetak gol ke gawang lawan. Pemain mengendalikan bola kayu atau plastik (ukuran 3-3,5 inci) menggunakan pemukul panjang yang disebut mallet. Tidak seperti olahraga lainnya yang menjadikan pemain mengontrol penuh dirinya, dalam olahraga ini pemain harus memerintahkan kuda melakukan hal yang ingin pemain lakukan. Dan inilah salah satu letak kesukarannya.

Tak dimung kiri, dalam pandangan Mateen, seorang pemain polo berkuda benar-benar harus memiliki kemampuan multitask, serta harus piawai mengendalikan kuda tunggangannya. "Memang olahraga yang rumit tapi justru tantangan itulah yang membuat polo disukai," bebernya.

Sang pangeran muda mengaku bergerak aktif menjadi bagian dalam kesehariannya. Ketika tidak melakukan olahraga, ia malah merasa tubuhnya aneh. Jadi, aktif dan selalu bugar menjadi prioritas dirinya. Di samping gemar berolahraga, ternyata pangeran juga memiliki hobi lain. Ia amat tertarik menerbangkan pesawat. Bahkan, ia baru mulai kursusnya Agustus tahun ini. "Saya suka memiliki beragam skill. Dan kemampuan menerbangkan pesawat adalah skill yang ingin saya kuasai," katanya.

Ayahnya, Sultan Hassanal Bolkiah, menerbangkan sendiri pesawat dan helikopternya. Hal ini pula yang menjadi inspirasinya. Pada saat yang sama, Mateen tengah menjalani studi S-2 di bidang International Diplomacy di SOAS University, London. Ini membuatnya harus terus update dengan isu-isu terkini, terutama isu global.

Lepas dari itu, Pangeran Mateen mengaku merupakan sosok yang sederhana. Pada masa senggang, ia memilih menghabiskan waktu bersama teman-temannya dan menonton film. Meski begitu, ia tidak melupakan arti penting keluarga. Tumbuh dalam keluarga yang besar, Mateen amat dekat dengan kakak dan dua adiknya. Mereka juga sering menghabiskan waktu bersama, tumbuh bersama, dan dapat diandalkan dalam suka maupun duka. Kasih sayang dan dukungan keluarga tak ayal bagi Mateen menjadi pengaruh positif dalam kehidupannya.

Berbicara tentang idola, salah seorang tokoh yang ia kagumi adalah David Beckham. Kebetulan ia memang menyukai olahraga sepak bola sejak remaja hingga kini. Sekarang pun Beckham masih menjadi idolanya. Saking ngefans berat dengan suami dari Victoria Beckham ini, Mateen meniru potongan rambut dan gaya berbusana sang idola. "Makanya, sampai sekarang saya ngefans dengan Manchester United," imbuhnya.

(Baca juga: Abdul Mateen, Pangeran Karismatik dari Brunei Darussalam )
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6365 seconds (0.1#10.140)