19 Mei 2018 Jadi Hari Istimewa Pangeran Harry-Meghan Markle

Minggu, 17 Desember 2017 - 10:05 WIB
19 Mei 2018 Jadi Hari...
19 Mei 2018 Jadi Hari Istimewa Pangeran Harry-Meghan Markle
A A A
LONDON - Pangeran Inggris Harry dan Meghan Markle melangkah pasti menuju mahligai pernikahan. Jumat lalu (15/12/2017), tanggal pesta pernikahan pasangan tersebut sudah ditentukan, yakni pada Sabtu, 19 Mei 2018.

Kepastian terebut diumumkan kantor Istana Kensington. Tanggal yang mereka pilih ternyata bertepatan dengan pertandingan sepak bola Inggris final Piala FA yang biasanya dihadiri kakak Harry, Pangeran William, yang juga merupakan Presiden Asosiasi Sepak Bola Inggris.

Sebelumnya juru bicara Harry, Jason Knauf, menuturkan Harry dan Markle ingin menjadikan hari pernikahan sebagai momen peringatan istimewa untuk temanteman dan keluarga mereka.

“Yang mulia Pangeran Henry of Wales dan Meghan Markle akan menikah pada 19 Mei 2018,” papar pernyataan Istana Kensington seperti dikutip kantor berita Reuters.

Pemilihan tanggal pernikahan pada 19 Mei itu juga karena pasangan ini tak ingin pernikahan mereka digelar pada awal atau akhir Mei saat bank-bank libur seperti keinginan banyak warga Inggris.

Selain itu, hal tersebut untuk memastikan pernikahan mereka tak mengganggu kelahiran anak ketiga Duke dan Duchess of Cambridge pada April dan memungkinkan Kate memiliki waktu untuk proses pemulihan setelah melahirkan.

Tanggal pernikahan itu juga untuk menyesuaikan agar tidak mengganggu berbagai agenda Ratu Elizabeth yang biasanya padat pada bulan Juni.

Pernikahan Harry dipastikan akan menjadi gawean besar bagi Inggris. Seperti diketahui Harry merupakan cucu Ratu Elizabeth dan urutan kelima dari tahta.

Adapun Markle merupakan bintang drama televisi AS, Suits. Rencananya pernikahan akan digelar di St George’s Chapel, Windsor Castle. Gothic St George’s Chapel terletak di Windsor Castle yang menjadi rumah keluarga sejumlah raja dan ratu Inggris selama hampir 1.000 tahun.

Di dalam kapel itu terdapat makam sepuluh penguasa, termasuk Henry VIII dan istri ketiganya Jane Seymour, serta Charles I. Harry dan Markle sengaja memilih menikah di Windsor yang berada di barat London karena itu tempat spesial untuk mereka. Di sana mereka menghabiskan waktu sejak bertemu pada Juli 2016 setelah diperkenalkan oleh seorang teman.

Nenek Harry, Ratu Elizabeth, 91, akan hadir dalam pernikahan itu. Setelah menikah, pasangan ini rencananya akan tinggal di Nottingham Cottage, Istana Kensington, London, tempat tinggal resmi Duke dan Duchess of Cambridge.

Pernikahan itu juga akan menarik banyak perhatian dari berbagai penjuru dunia seperti halnya pernikahan William dan istrinya Kate pada 2011 yang ditonton sekitar 2 miliar orang secara langsung.

Seperti halnya pernikahan William, pesta pernikahan Harry akan digelar besar-besaran. Keluarga kerajaan menyatakan mereka akan membayar untuk berbagai pengeluaran dalam pernikahan itu seperti layanan gereja dan resepsi. Sebelum pernikahan, Markle yang mengikuti sekolah Katolik saat kecil tapi menyatakan diri sebagai Protestan akan dibaptis dan dimasukkan ke Gereja England.

Markle sendiri sudah menyatakan ingin menjadi warga negara Inggris. Namun dia akan tetap memegang kewarganegaraan AS saat proses perubahan status kewarganegaraan tersebut. Pekan ini Istana Kensington mengumumkan Markle akan bergabung dengan Ratu dan pejabat senior Windsor lainnya untuk peringatan Natal keluarga Kerajaan Inggris di Sandringham, timur England.

Harry-Markle pertama kali mengungkap hubungan mereka saat wawancara dengan BBC bulanlalu. Merekaper tama kali bertemu untuk minum bersama pada Juli 2016 saat ken can buta yang direncana kan teman masing-masing. Kencan kedua diikuti dengan perjalanan camping ke Botswana. “Lalu kami benar-benar hanya berdua, yang sangat penting bagi saya,” papar Harry.

“Kami dapat benar-benar memiliki sangat banyak waktu untuk hanya terhubung dan kami tidak pernah pergi lebih lama daripada dua pekan tanpa saling melihat meski kami tentu saja melakukan hubungan jarak jauh. Kami menjadikannya bekerja,” ungkap Harry.

Markle menjelaskan, Harry melamarnya pada malam yang tenang di awal November di Nottingham Cottage. “Itu sangat manis dan alami serta sangat romantis. Dia berlutut dengan satu lutut. Faktanya, saya tidak dapat membiarkannya menyelesaikan lamaran. Saya katakan, ‘Dapatkah saya mengatakan ‘ya’ sekarang’,” ujar Markle.

Harry mendesain cincin pernikahan itu sendiri. Cincin itu memiliki satu berlian dari Botswana dengan dua berlian lebih kecil dari koleksi berlian Putri Diana. “Saya ingin memastikan dia (Diana) bersama kami dalam perjalanan gila ini bersama,” papar Harry menjelaskan alasannya memasang dua berlian milik Diana di cincin tunangan tersebut.

Tentu saja media sosial supergempar dengan lamaran pernikahan itu dan menunggu acara pernikahan tersebut digelar. Para netizen menggunakan tagar #blackgirlmagic untuk menyebut Meghan Markle yang merupakan aktris AS keturunan dua ras.

Publik menganggap Markle yang berusia 36 tahun itu sebagai sosok yang cerdas, can tik, dan bersemangat dengan upaya kemanusiaan di ber bagai penjuru dunia. Calon istri Harry itu juga terkenal di Hollywood. Markle selama ini memiliki banyak penggemar dan kerap muncul di berbagai media.

Ayah Markle, Thomas Markle, dan ibunya Doria Ragland bertemu di studio Hollywood pada era 1970-an saat Thomas bekerja sebagai pengarah pencahayaan dan Ragland sebagai pegawai di studio itu. Namun orang tua Markle berpisah saat Meghan masih muda sehingga dia pun menjelaskan mereka masih berhubungan baik dan berlibur bersama sebagai keluarga.

Markle mengakui kedua orang tuanya mendukungnya untuk menjadi aktris. “Saya menggambar kaligrafi dan saya pelayan di satu restoran dan semua hal yang dilakukan aktris. Ayah saya tahu betapa berat bagi seorang aktor untuk mendapat kerja sehingga dia sangat bangga bawa saya mampu mengalahkan berbagai tantangan,” papar Markle seperti dikutip CNN.

Markle pun memiliki sejumlah peran dalam film serial seperti CSI: Miami, 90210, dan General Hospital serta beberapa peran di sejumlah film seperti Remember Me dan Horrible Bosses. Semua itu dijalaninya sehingga dia dapat tetap bekerja hingga pada 2011 dia melakukan terob osan dengan memerankan tokoh Rachel Zane di serial televisi Suits yang kini memasuki musim ketujuh.

Dalam esai yang dia tulis untuk ElleUK pada2015, Markle mengakui sulit berkarier sebagai aktris dengan dua ras.

“Saya tidak cukup hitam untuk peran kulit hitam dan saya tidak cukup putih untuk peran kulit putih, membuat saya berada di tengah sebagai bunglon etnik yang tidak dapat memesan pekerjaan,” tulisnya. (Syarifuddin)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)