6 Cara Mudah untuk Melupakan dan Move on dari Mantan Pacar

Sabtu, 23 Desember 2017 - 20:01 WIB
6 Cara Mudah untuk Melupakan dan Move on dari Mantan Pacar
6 Cara Mudah untuk Melupakan dan Move on dari Mantan Pacar
A A A
JAKARTA - Putus cinta memang menyakitkan, apalagi bila pikiran Anda terus saja kembali pada mantan. Anda mungkin merasa bahwa pikiran yang terus menghantui itu menghalangi proses melangkah maju.

Yup, susah move on memang sering kali membuat orang terjebak dalam situasi yang tak menyenangkan meskipun hubungan asmara itu sudah putus dalam jangka waktu yang cukup lama. Meski begitu, Anda yang sedang berusaha keras untuk move on dan melupakan mantan, bisa melakukan sejumlah cara untuk itu.

Mengutip Wikihow, ada sejumlah cara melupakan mantan kekasih dan move on. Penasaran?

1. Bersedihlah
Berakhirnya sebuah hubungan itu bak semua kematian seseorang yang dicintai. Perasaan kehilangan ini boleh membuat Anda bersedih.

Menangislah jika Anda mau. Anda akan merasa lebih baik setelah mengeluarkan semua dalam tangisan ketimbang memendam perasaan selamanya.

2. Bicaralah dengan orang yang Anda percaya
Kadang Anda hanya membutuhkan orang untuk mendengarkan, bukan memberikan saran. Walaupun Anda tidak mengerti mengapa semua ini terjadi, berbicara dengan seseorang dapat membantu Anda menerima bahwa hubungan memang telah berakhir.

3. Buanglah kemarahan

Jika Anda terobsesi pada hal-hal menyakitkan yang dilakukan mantan pada Anda, Anda tidak akan pernah bisa melupakannya. Sebesar apa pun kemarahan yang Anda rasakan, Anda harus berhenti menimang-nimang pikiran negatif itu.

4. Jujurlah kepada diri sendiri
Setelah perpisahan, sering kali orang tidak jujur kepada diri sendiri tentang kualitas hubungan atau alasan berakhirnya hubungan itu. Penting bagi Anda untuk mempertimbangkan baik-baik sebahagia apa Anda menjalani hubungan itu dan apa yang membuatnya berakhir. Dengan demikian, Anda dapat berhenti mengidealkan hubungan yang sebenarnya tidak indah

5. Carilah bantuan yang Anda butuhkan

Putus cinta dapat berdampak serius pada kesejahteraan fisik dan mental, khususnya jika Anda masih memikirkannya beberapa bulan kemudian. Putus cinta telah diasosiasikan dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh dan meningkatnya risiko penyakit.

Orang yang belum bisa move on dari putusnya hubungan asmara dalam 16 minggu bahkan dapat mengalami perubahan fisik di otak yang mengurangi motivasi, konsentrasi, dan emosi. Sangat penting bagi Anda untuk mencari bantuan profesional sebelum kesehatan fisik mulai terganggu.

Anda bisa menghubungi terapis yang bisa membantu Anda untuk mendengarkan semua keluh kesah Anda. Dia juga bisa mendorong Anda untuk menghadapi perasaan dan mengajarkan cara baru untuk mengatasi rasa sakit.

6. Ingatkan diri Anda untuk melepaskan semuanya
Ada berbagai teknik perilaku yang dapat dicoba untuk menghentikan pikiran obsesif tentang mantan. Semua teknik ini bergantung pada kemampuan Anda untuk mengakui bila suatu pikiran tentang mantan memasuki benak Anda dan mengambil tindakan tertentu untuk mencegahnya agar tidak kembali. Ingatlah bahwa teknik ini hanya boleh digunakan untuk pikiran obsesif. Jika Anda belum mengatasi perasaan dan membiarkan diri bersedih, Anda seharusnya tidak berusaha menekan pikiran.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)