Dinner Romantis di Resto Ala Prancis

Jum'at, 12 Januari 2018 - 07:52 WIB
Dinner Romantis di Resto Ala Prancis
Dinner Romantis di Resto Ala Prancis
A A A
JAKARTA - Kuliner dari Barat yang berikut ini akan cocok disantap sebagai menu makan malam istimewa. Berpadu suasana elegan klasik dan atmosfer casual dining, sajiannya yang sebagian besar autentik dari Prancis sangat patut dicoba.

Di sebuah restoran bergaya barat, kawasan Ibu Kota, Le Quartier, yang berlokasi di Jl Gunawarman No34 Jakarta Selatan, KORAN SINDO menghabiskan waktu dinner dengan berbagai menu andalannya. Ketika melewati pintu restoran, ada terpampang potret Audrey Hepburn, seorang aktris panggung Broadway era 1950-an.

Atmosfernya agak redup, dengan jendela yang di depannya juga ada bagian bar. Namun, ada pula satu sudut terang dengan atap yang tinggi sehingga memberi kesan luas, berikut satu dinding mural. “Konsep kita di sini European food dalam suasana casual dining . Sebagian besar menu kita Prancis, sedikit ada juga Spanyol,” kata Chris Janssens, owner Le Quartier, kepada KORAN SINDO.

Untuk permulaan, sebagai appetizer, pesanlah escargots le quartier, yakni menu bekicot sangat terkenal di Prancis. Menyantap escargot memang pengalaman yang harus Anda rasakan bila berkunjung ke Prancis. Namun, tak perlu jauh-jauh, di Le Quartier, menu escargot ini sudah dapat mewakili rasa aslinya. Begitu pesanan datang, hal pertama yang muncul adalah aroma khas bawang putih, lalu seperti ada campuran minyak zaitun.

Dan memang, escargot ini dimasak dengan bawang putih dan mentega sebelum ditempatkan kembali di dalam cangkangnya. Ini dilakukan koki agar escargot mudah disantap karena sudah dikeluarkan dari cangkangnya. Hidangan ini dibalut bersama jamur dan smoked duck breast dan spinach.

Biasanya escargot dimasak dengan cara direbus atau dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang dengan aneka bumbu rempah. Sebenarnya escargot juga bisa ditemukan selain di Prancis. Itu karena escargot juga dikonsumsi di negara-negara Eropa lainnya. Mengonsumsi escargot menjadi tradisi tersendiri bagi orang-orang Eropa sejak ratusan tahun lalu.

Jika tadi sudah dimulai dengan escargot, langsung saja ke menu utama berupa prime rib eye with cabernet wine jus . Memang terbilang umum menyantap sajian steak , KORAN SINDO memilih jenis prime rib eye steak with cabernet wine jus sebagai salah satu favorit menu steak di sini. Cabernet menjadi jenis wine untuk sausnya, berpadu lembut daging rib eye seberat 280 gram. Side dish-nya dilengkapi mashed potato bersama pelengkap sayur.

Tiba saat yang ditunggu. Dessert yang ada di Le Quartier termasuk yang tak bisa terlupakan. Pesanlah apple pie crumble creppes sebagai sajian creppes yang begitu khas Prancis. Terdiri dari creme brulee dengan raspberry compote yang memberi kejutan di dalam creppes.

Dilanjutkan dengan makanan penutup lainnya, yaitu pistachio trifle yang disajikan dalam sebuah gelas dengan payung. Ada paduan pistachio yang terasa light , kemudian lapisan potongan buah segar, angle cake, candy crunch, dan berbagai topping menarik. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3434 seconds (0.1#10.140)