Elton John Umumkan Pensiun dari Tur Musik Keliling Dunia

Kamis, 25 Januari 2018 - 03:30 WIB
Elton John Umumkan Pensiun dari Tur Musik Keliling Dunia
Elton John Umumkan Pensiun dari Tur Musik Keliling Dunia
A A A
NEW YORK - Penyanyi kondang asal Inggris, Elton John, membuat pengumuman mengejutkan pada Rabu (24/1/2018) waktu New York, Amerika Serikat (AS). Pelantun Sorry Seems to be the Hardest Word itu mengatakan akan berhenti tur untuk memprioritaskan keluarganya.

Sebagai tanda pamitan kepada fans, Elton telah menjadwalkan 300 tanggal konser yang akan berlangsung selama 3 tahun. Setelah itu, dia akan rehat dari tur musik.

“Saya selalu berpikir akan seperti Ray Charles, BB King—berada di jalanan selamanya. Prioritas saya berubah. Saya punya anak dan itu mengubah hidup saya. Itu tidak berarti saya tidak akan kreatif. Tapi, saya tidak akan bepergian,” papar Elton dari New York, seperti dikutip BBC.

Elton membantah laporan media bahwa dia pensiun karena kesehatannya yang memburuk. Dalam beberapa tahun belakangan, Elton sering mengalami masalah kesehatan yang membuatnya harus rehat dari panggung musik.

“Tahun lalu, saya kena infeksi dan saya sangat sakit dan itu melumpuhkan saya. Namun, saya masih menggelar 96 pertunjukan. Percayalah—kalau kalian bisa menggelar 300 pertunjuka, kalian tidak sedang sakit,” ujar Elton.

Tur pamitan Elton itu diberi nama Farewell Yellow Brick Road dan digelar di semua benua di dunia ini. Tur ini bakal dimulai di AS pada 8 September tahun ini, hanya beberapa bulan setelah dia menyelesaikan residency-nya selama 6 bulan di Las Vegas. Tiket untuk konser ini bakal dijual mulai 2 Februari mendatang.

“Saya tidak akan pergi dengan sedih, tapi dengan meriah. Ini akan menjadi pertunjukan paling fantastis yang pernah saya lakukan,” kata Elton.

Setelah tur pamitan itu, dia mungkin akan mempertimbangkan residency lagi di Las Vegas. Sama seperti Kate Bush yang melakukan 22 tanggal di Hammersmith Apollo di London pada 2014.

Elton memaparkan, keputusan untuk pensiun dari tur itu muncul saat dia menatap jadwal sekolah dua putranya. Dia merasa sedih dan tidak mau ketinggalan perkembangan putranya itu.

“Saya tidak berhenti musik. Saya berharap bisa membuat lebih banyak rekaman. Saya akan lebih banyak menulis musik. Tapi, saya akan membawa anak-anak saya ke sekolah sepak bola—yang mana adalah hal yang paling penting. Hidup akan berubah,” tutur Elton.

Elton menegaskan, dirinya akan tetap kreatif sampai ajal menjemput dan tur pamitannya itu adalah cara yang mengagumkan untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang. Dua putranya—yang akan berusia 8 dan 10 tahun begitu turnya berakhir—akan bergabung dengannya pada tur pamitan itu dan akan mendapatkan pelajaran dari seorang tutor.

“Saya tak mau kehilangan mereka dan saya tak mau mereka kehilangan saya,” ujar dia.

Selama kariernya, Elton telah menjual lebih dari 300 juta rekaman. Dia juga tercatat sebagai salah satu penampil langsung yang paling banyak diminta di seluruh dunia.

Tahun lalu, Elton terpaksa membatalkan 9 pertunjukannya di Las Vegas dan Califonia karena terkena infeksi bakteri saat tur di Amerika Selatan. Manajemen Elton mengatakan, infeksi yang kemungkinan berbahaya itu membuatnya harus menginap selama dua hari di unit perawatan intensif pada April tahun lalu dan harus membatalkan konser di AS.

Itu bukan kalin pertama masalah kesehatan menghentikan pelantun Candle in the Wind itu dari panggung. Pada 1999, dia menjalani operasi pemasangan pacemaker setelah dokter menemukan detak jantung yang tidak biasa. Sementara, pada 2013, Elton membatalkan penampilan di
Hyde Park setelah didiagnosis menderita radang usus buntu.

Selama 2017, dia telah tampil di hampir 100 pertunjukan, termasuk di Eropa dan Australia, serta show-nya di Las Vegas bertajuk The Million Dollar Piano. Meskipun dia telah memutuskan mengurangi beban kerja, Elton masih berjuang dengan sejumlah proyek besar.

Pada Grammy Awards yang akan digelar hari Minggu (28/1/2018), dia akan tampil berduet dengan Miley Cyrus. Dia juga akan menggelar konser khusus di Madison Square Garden pada Selasa (30/1/2018). Saat ini, dia sedang mengerjakan drama musikal di Broadway yang diangkat dari The Devil Wears Prada serta versi live action The Lion King dan animasi Sherlock Gnomes.

Selama kariernya tampil di berbagai konser, penampilan yang paling dia sukai adalah ketika John Lennon muncul bersama dengannya di panggung di Madison Square Garden. Show yang digelar pada Thanksgiving 1974 itu adalah penampilan terakhir Lennon di konser besar. Pada show itu, Elton memainkan piano dan Lennon menyanyikan Whatever Gets You Thru the Night, Lucy In The Sky With Diamonds dan I Saw Her Standing There.

“Saya sampai merinding,” ucap Elton.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6166 seconds (0.1#10.140)
pixels