5 Daftar Wisata Alam Paling Menakjubkan di Semarang yang Patut Anda Singgahi

Selasa, 30 Januari 2018 - 22:36 WIB
5 Daftar Wisata Alam Paling Menakjubkan di Semarang yang Patut Anda Singgahi
5 Daftar Wisata Alam Paling Menakjubkan di Semarang yang Patut Anda Singgahi
A A A
POSISI Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah menjadikannya tempat yang strategis bagi para wisatwan dari daerah lain. Semarang memiliki berbagai jenis tempat wisata, mulai dari keindahan alam, pertunjukan budaya yang memukau, hingga kuliner lezat yang khas. Tak heran jika saat liburan tiba, tempat wisata di kota ini selalu ramai oleh pelancong.

Wisata alam di Semarang cukup beragam jenisnya, mulai dari pantai, bukit, pegunungan, hutan, hingga danau. Berikut adalah beberapa tempat wisata alam yang bisa dijadikan alternatif Anda saat berlibur di Semarang.

1. Hutan Pinus Kayon
Saat ini banyak sekali foto di media sosial yang menggunakan hutan pinus sebagai latarnya. Sebagian dari Anda mungkin mengira foto tersebut diambil di luar negeri. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Semarang pun Anda bisa menemukan hutan pinus yang eksotis.

Hutan Pinus Kayon merupakan hutan pinus yang terletak di Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Kawasan hutan yang berada di sekitar lereng Merbabu ini menyuguhkan keindahan alam dan suasana yang menentramkan hati. Di sini Anda bisa berkemah maupun hanya duduk-duduk menikmati sore bersama keluarga, pasangan, atau teman. Berkat keindahannya, hutan pinus ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding oleh para calon pengantin.

2. Air Terjun Kali Pancur
Jika dibandingkan dengan air terjun lainnya, Kali Pancur merupakan salah satu air terjun di Semarang dengan medan yang lumayan bersahabat. Selain karena dilengkapi anak tangga sebagai akses untuk menuju lokasi, air terjun ini berada hanya sekitar 1 km dari tempat parkir kendaraan. Selama perjalanan meniti anak tangga, Anda akan ditemani gemericik suara air serta pemandangan pepohonan hijau yang mampu menyegarkan pikiran.

Air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter ini juga dikelilingi oleh gua-gua kecil tempat burung walet bersarang. Selain itu, Anda bisa menyaksikan tebing batu andesit yang memiliki ketinggian antara 20-100 meter. Karena belum ada transportasi umum yang langsung menuju lokasi wisata, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai air terjun yang berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang ini.

3. Lereng Gunung Kelir
Lereng Gunung Kelir berada di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Objek wisata alam ini menjadi ramai diperbincangkan oleh wisatawan karena memiliki beberapa gardu pandang serta panorama alam yang menakjubkan. Gardu pandang yang paling tinggi adalah gardu pandang Bedono yang berada 1.384 meter di atas permukaan laut.

Banyak wisatawan yang sengaja datang untuk berfoto maupun berkemah di lokasi camping ground-nya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan seru di lokasi wisata ini, di antaranya adalah menyaksikan sunrise, melakukan pendakian di jalur yang menantang, atau melihat gemerlap lampu kota di malam hari dari puncak Lereng Gunung Kelir

4. Brown Canyon

5 Daftar Wisata Alam Paling Menakjubkan di Semarang yang Patut Anda Singgahi


Lokasi wisata alam ini sekitar 2 km dari arah selatan stasiun TVRI Jawa Tengah. Brown Canyon sebenarnya merupakan area tambang proyek galian yang berubah menjadi tempat wisata bagi penduduk Semarang. Setelah material tambangnya diambil, permukaan kawasan ini berubah menjadi tebing-tebing ngarai seperti Grand Canyon yang ada di Amerika.

5. Taman Mangrove Mangunharjo
Meski belum ditetapkan sebagai kawasan wisata alam resmi milik Pemerintah Kota Semarang, taman mangrove yang berada di daerah Mangkang ini patut Anda kunjungi. Menyusuri jembatan bambu tradisional menembus hijaunya hutan bakau akan menjadi salah satu perjalanan yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda mencari suasana liburan yang masih alami, Taman Mangrove Mangunharjo dapat menjadi tujuan wisata yang tepat di Semarang.

Agar rencana liburan Anda tidak terganggu, sebaiknya segera pesan hotel murah di Semarang melalui jaringan hotel Airy Rooms . Mengapa Airy Rooms? Dengan jaringan hotel terbesar, Anda bisa dengan mudah memesan kamar tanpa harus datang ke hotel. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, meliputi kamar bersih dengan tempat tidur yang nyaman, AC, kamar mandi dengan air hangat—lengkap dengan perlengkapan mandinya, televisi layar datar, air minum, hingga jaringan wifi gratis. Cukup pesan melalui laman Airy Rooms atau unduh aplikasinya di Android dan iOS.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6691 seconds (0.1#10.140)
pixels