Waspadai Penyakit akibat Banjir

Kamis, 08 Februari 2018 - 22:07 WIB
Waspadai Penyakit akibat Banjir
Waspadai Penyakit akibat Banjir
A A A
JAKARTA - Setelah banjir berhari-hari menggenangi sejumlah wilayah, warga dihadapkan masalah baru, yakni kontaminasi air banjir yang menyebabkan penyakit.

Dilansir Livestrong, tanpa disadari, mengonsumsi air yang terkontaminasi banjir memicu penyakit infeksi serius seperti kolera, tularemia, demam tiroid dan shigellosis. Hal ini disebabkan air terkontaminasi oleh cairan tubuh dari orang yang terinfeksi.

Banjir membuat infeksi semakin meluas karena saluran air yang terkontaminasi. Shigellosis merupakan infeksi radang perut yang disebabkan bakteri shigella dysentarie, patogen yang berbahaya karena menghasilkan racun yang dikenal sebagai racun Shiga.

Racun ini dapat merusak usus sehingga penderitanya mengalami demam dan sakit perut. Sementara tularemia merupakan penyakit meluar yang menyebabkan munculnya borok atau luka pada kulit, kelenjar getah bening yang membengkak disertai rasa sakit, menggigil dan kelelahan.

Penyakit ini disebabkan bakteri francisella tularensis. Tularemia dapat menginfeksi manusia melalui gigitan artropoda dan air yang terkontaminasi. Tularemia dapat diobati secara efektif dengan antibiotik tertentu jika mampu didiagnosis lebih dini.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7311 seconds (0.1#10.140)