Liu Wen, Model Asia Pertama yang Mendunia

Rabu, 28 Februari 2018 - 12:15 WIB
Liu Wen, Model Asia Pertama yang Mendunia
Liu Wen, Model Asia Pertama yang Mendunia
A A A
SEBAGAI model berkebangsaan Asia, Liu Wen boleh berbangga hati disejajarkan dengan model-model papan atas, seperti Miranda Kerr, Gigi Hadid, Bella Hadid, bahkan Kendall Jenner.

Namanya berada di posisi keempat model Victoria Secret berbayaran tertinggi pada 2016 dengan pendapatan Rp95 miliar lebih pada tahun itu, mengalahkan Victoria's Secret Angels lainnya, sebut saja Joan Smalls, Alessandra Ambrosio, dan Lily Aldridge. Dia hanya terpaut satu peringkat di bawah Gigi Hadid di posisi ketiga dan Kendall Jenner di posisi kedua.

Wanita kelahiran Yongzhou, Hunan, China, 27 Januari 1988, tersebut diketahui memiliki kekayaan total Rp478 miliar, menurut Daily Mail. Sebagai seorang model, Liu memiliki serangkaian predikat yang menjadikannya orang pertama dari berbagai hal. Jelas, Liu adalah model Asia pertama yang berjalan di runway ajang bergengsi Victoria's Secret pada 2009.

Dia juga menjadi salah satu dari tiga model bukan kulit putih yang berlenggaklenggok di panggung Victoria Secret tahun 2016 dan masuk daftar Forbes. Selain itu, Liu merupakan model Asia pertama yang menjadi juru bicara untuk Estée Lauder. Namanya juga bisa menembus daftar Forbes sebagai lima model dunia dengan bayaran tertinggi dari Asia. Liu bahkan menjadi contoh utama dalam jajaran artis Forbes 30 Under 30, yang memaparkan delapan model berbayaran tertinggi di dunia dengan pendapatan Rp95 miliar tahun lalu.

Tinggi badan 178 cm, lesung pipi di kanan kiri, serta wajah khas oriental menjadikan keunikan tersendiri bagi supermodel ini yang sekaligus membedakannya dengan model lainnya. Setelah memenangkan kontes modeling pada 2005, Liu pindah ke Beijing demi mewujudkan mimpinya menjadi seorang model profesional di usia 18 tahun.

Liu mengakui, masa-masa itu cukup berat dia lalui. Namun, dengan semangat, dia tetap bisa melewatinya. Perjuangannya terbayar pada 2008 ketika dia diundang untuk berjalan di panggung Paris Fashion Week. Setahun kemudian, Liu tampil di 74 pertunjukan untuk busana musim gugur pada 2009. Ini sekaligus merupakan pertunjukan paling bergengsi bagi seorang model pada musim tersebut.

Walau pencapaiannya baru terbayarkan di luar negeri, sebetulnya kesuksesannya dirajut dari tanah kelahirannya, China. Liu juga merupakan model yang memiliki follower terbanyak di dunia tahun 2014. Saat ini wanita berusia 30 tahun itu memiliki pengikut di Weibo, micro-blogging platform, sebanyak 18 juta, sedangkan 2,7 juta lainnya mengikuti akun Instagram-nya.

Wanita dengan predikat "pertama" terbanyak ini juga berambisi untuk terjun ke dunia akting. "Saya rasa modeling dekat ke akting. Saya harap, lima atau 10 tahun ke depan saya bisa berakting. Tetapi, saya tidak ingin hanya peran sebagai wanita cantik, saya juga ingin peran menantang seperti wanita di film James Bond," ujarnya.

Sebelumnya Liu pernah muncul di acara reality show berjudul We Are in Love, sebuah acara di mana selebritas berpura-pura berkencan dengan selebritas lainnya. Untuk acara ini, Liu sempat disandingkan dengan penyanyi Korea Selatan, Choi Siwon. Nyatanya dalam kehidupan keseharian, Liu tidak pernah tampil menggandeng pria. "Saya ingat semua model membicarakan pacar mereka. Bahkan, ibu saya bertanya mana pacar saya. Tapi saya terlalu sibuk untuk itu," akunya ketika diwawancara beberapa tahun lalu.

Hingga sekarang Liu masih sendiri. Beban kerja yang berat membuat bersosialisasi menjadi hal yang mewah baginya. "Tidak ada siapa pun dalam kehidupan saya. Ini sangat menyedihkan. Anda bisa menambahkan di wawancara ini bahwa saya mencari seorang pasangan. Kontak saja agen saya," katanya berkelakar.

Liu menyadari, dengan pekerjaan yang amat memakan waktu, belum lagi keharusan bepergian di dalam maupun luar negeri, tidak ada pria yang ingin menunggunya. Dengan kesibukan yang superpadat, dia juga memiliki serangkaian rutinitas perawatan kecantikan guna mendukung kariernya.

Dia menjelaskan, setiap akan berangkat tidur, walau selelah apa pun, dia tetap membersihkan wajahnya. Dia menggunakan cleanser dan banyak toner serta pelembab pada malam hari. Serum malam hari juga tidak pernah lupa dioleskan ke wajahnya sambil memijat wajah. Dalam tiga kali seminggu, Liu mengaplikasikan masker wajah. Jika pekannya lebih sibuk, dia akan lebih sering menggunakan masker wajah itu.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5879 seconds (0.1#10.140)