Foto Bersejarah Monumental

Senin, 26 Maret 2018 - 14:19 WIB
Foto Bersejarah Monumental
Foto Bersejarah Monumental
A A A
FOTO adalah medium autentik dan orisinal untuk menceritakan sesuatu. Keberadaan sebuah gambar bisa mewartakan kebenaran dan menunjukkan emosi melebihi kata-kata.

Sudah banyak momen penting bersejarah di dunia diabadikan lewat sebingkai potret. Berikut foto-foto bersejarah yang sangat monumental.

- The First Photograph
Ini adalah foto pertama di dunia, diambil di Prancis pada 1826 yang diambil oleh Nicéphore Niépce. Disebut menggunakan metode heliografinya (sun writing), foto ini memakan waktu 8 jam waktu pemaparan (oleh karena itu sinar matahari di kedua sisi bangunan).

- Looking Down Sacramento Street
Foto ini diambil pada 18 April 1906 di jalanan Kota Sacramento, Amerika Serikat. Ini adalah foto paling terkenal tentang kehancuran yang disebabkan oleh api besar dan gempa bumi. Foto ini diabadikan oleh Arnold Genthe.

- Breaker Boys
Ini adalah foto pemutus anak laki-laki-pekerja anak yang digunakan memisahkan kotoran dari batubara dengan tangan di pertambangan batu bara Amerika Serikat dan Inggris. Lewat foto ini membantu memimpin bangsa untuk melarang pekerja anak. Foto itu diambil oleh Lewis Hine yang berkeliling Amerika Serikat memotret pekerja anak.

- Migrant Mother
Foto Florence Owens Thompson (ibu berusia 32 tahun) ini adalah salah satu representasi besar krisis ekonomi yang menghantam dunia dunia (greet depresion). Foto itu diambil oleh Dorothea Lange setelah Florence menjual tendanya demi menyediakan makanan bagi anak-anaknya.

- Hitler in Paris
Foto ini diambil saat Adolf Hitler mengunjungi Paris bersama arsiteknya Albert Speer, pada 23 Juni 1940. Diketahui saat itu Jerman dibawah Hitler telah merebut Paris dan dirinya pergi untuk mengagumi kota ‘barunya”.

- The Last Jew in Vinnitsa
Foto ini ditemukan di album pribadi seorang tentara Einsatzgruppen yang diberi label "Orang Yahudi terakhir dari Vinnitsa". Sebanyak 28.000 orang Yahudi yang tinggal di sana (Ukraina) terbunuh saat itu.

- Soviet Flag raised above the Reichstag
Tentara Uni Soviet, Raqymzhan Qoshqarbaev dan Georgij Bulatov menaikkan bendera di atap gedung Reichstag di Berlin, Jerman pada bulan Mei 1945 saat Uni Soviet menyerbu Jerman. Foto itu diambil oleh fotografer Yevgeny Khaldei.

- Vatican II Begins
Ini adalah foto Paus Yohanes XXIII yang menandatangani dokumen secara resmi memulai Konsili Vatikan II. Setelah kematiannya, Paus Paulus VI melanjutkan konsili yang mengubah Gereja Katolik sedemikian rupa sehingga nyaris tidak menjadi cerminan dari apa yang dimilikinya sebelumnya.

- Footprint on the Moon
Pada 20 Juli 1969, astronot Amerika Serikat (AS) Neil Armstrong meletakkan kaki kirinya di permukaan Bulan yang berbatu. Itu adalah jejak manusia pertama di Bulan. Mengunakan kamera TV, Buzz Aldrin mengabadikan jejak kaki pertama di Bulan tersebut.

- Phan Thi Kim Phúc
Gadis di foto ini adalah Kim Phuc yang saat itu berusia 9 tahun. Dia lari dari serangan napalm yang menyebabkan luka bakar serius di punggungnya. Sedangkan anak laki-laki di depannya adalah kakaknya. Keduanya diketahui selamat. Foto ini (karya fotografer Huynh Cong Ut) menjadi salah satu yang paling banyak dipublikasikan dalam perang Vietnam.

- Execution of a Viet Cong Guerrilla
Fotografer Eddie Adams mengambil foto Nguyen Ngoc Loan, seorang kepala polisi nasional Vietnam Selatan yang mengeksekusi kapten Viet Cong menggunakan pistol dalam perang Vietnam.

Sejarah singkat fotografi
• Kata fotografi dan kamera mulai muncul pada abad ke 17.
• Pada 1824, seorang seniman lithography Prancis, Joseph- Nicephore Niepce (1765-1833) melalui proses yang disebutnya Heliogravure, berhasil melahirkan sebuah foto pertama kali.
• Setelah era Niepce, foto pertama lainnya dibuat pada 1826 selama 8 jam oleh Louis Jacques Mande Daquerre yang disebut bapak fotografi dunia (1837).
• Kamera obcura merupakan kamera pertama kali yang dipakai menggambar kemudian memotret.
• Pada 1900 seorang juru lukis telah menciptakan kamera Mammoth. Kamera ini amat besar ukurannya, beratnya 1,400 pound, dengan lensa seberat 500 pound. • Kamera Kodak (Eastmant Kodak) pertama kali ditemukan oleh Snapshooter 1888 di Amerika Serikat.
• Konstribusi fotografi ke dunia film pertama kali di pelopori oleh Eadward Muybridge
• Pada 1972 mulai dipasarkan kamera Polaroid yang ditemukan oleh Edwin Land.
• Flash atau lampu kilat pertama kali ditemukan oleh Harold E. Edgerton pada 1938
• Pada 1950 mulai digunakan prisma untuk memudahkan pembidikan pada kamera Single Lens Reflex (SLR)
• Pada 1950 Jepang juga mulai memproduksi kamera NIKON. (Koran Sindo/Bobby Firmansyah)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7824 seconds (0.1#10.140)