Helen Mirren, Ratu Akting yang Mendunia

Jum'at, 04 Mei 2018 - 13:00 WIB
Helen Mirren, Ratu Akting yang Mendunia
Helen Mirren, Ratu Akting yang Mendunia
A A A
HELEN Mirren merupakan aktris senior asal Inggris yang kaya pengalaman berakting. Dia sering berperan sebagai ratu yang melambungkan namanya di jagat perfilman.

Perempuan bernama asli Illiana Lydia Petrovna Mironova ini lahir pada 26 Juli 1945 di Chiswick, London, Inggris. Dia merupakan putri kedua pasangan Alexandrina Eva Matilda dan Vasily Petrovich Mironoff. Sejak kecil, perempuan yang akrab disapa Helen ini sudah tertarik dengan dunia akting. Pada usia 13 tahun dia mengikuti drama sekolah berjudul Hamlet. Sandiwara tragedi karya William Shakespeare itu ditulis sekitar tahun 1599-1601.
"Saya terpesona oleh semua drama William Shakespeare. Kami tumbuh tanpa televisi dan tidak pernah pergi ke bioskop. Jadi, setelah memainkan drama Hamlet, yang ingin saya lakukan hanyalah mempelajari akting lebih dalam," ujar Helen, seperti dilansir Dailymail.co.uk.
Ketika Helen berumur 18 tahun, dia mengikuti audisi untuk National Youth Theatre (NYT) dan diterima. Ketika ia berusia 20 tahun, ia berperan sebagai Cleopatra dalam produksi teater Antony & Cleopatra di Old Vic. "Berkat NYT, saya diundang untuk bergabung dengan Royal Shakespeare Company pada akhir 1960-an," ujar Helen.

Setelah berakting dari satu panggung teater ke panggung teater lain, Helen pun mencoba peruntungan berperan di film. Peran film pertama Helen terjadi pada tahun 1969 ketika ia memainkan peran sebagai seniman setengah baya dalam Age of Consent.

Kesuksesannya di film tersebut dengan cepat melambungkan namanya sebagai aktris papan atas di Inggris. Dia kemudian berperan di serial televisi Inggris Prime Suspect sebagai Jane Tennison selama tujuh musim, yakni dari 1991 hingga 2006. "Apa yang sangat baik tentang aktris asal Inggris ini adalah mereka tidak takut dengan ekspresi emosi yang terbuka," ujar Helen.

Selama kariernya, Helen telah memerankan sosok ratu sebanyak enam kali. Dia adalah satu satunya aktris yang pernah memainkan Ratu Elizabeth I dalam film Elizabeth I pada 2005 dan Ratu Elizabeth II dalam film The Queen pada 2006. Sebelumnya ia juga berperan sebagai ratu di film The Prince of Egypt pada 1998, The Snow Queen pada 1995, The Madness of King George pada 1994, dan Caligola pada 1979.
Perannya sebagai Ratu Inggris membuatnya mendapat banyak pujian dari kritikus film. Dia pun berhasil memenangi Academy Award untuk aktris terbaik pada tahun 2007 untuk penampilannya sebagai Ratu Elizabeth II di film The Queen. Film ini juga mengantarnya meraih penghargaan aktris terbaik dari Olivier Award dan Tony Award. "Selalu menyenangkan menjadi ratu," ujar Helen.
Selama pidato penerimaan piala di Academy Award, ia memuji dan berterima kasih kepada Ratu Elizabeth II. Helen menyatakan bahwa sang Ratu telah mempertahankan martabat Kerajaan Inggris dan melewati banyak masalah selama masa pemerintahan sebagai ratu.

Pada tahun 2018 Helen berperan sebagai Sarah Winchester dalam film horor Winchester: The House That Ghosts Built. Dia banyak beradu akting dengan aktor-aktor muda saat memainkan peran Mother Ginger di film Disney terbaru The Nutcracker and the Four Realms. "Saya selalu suka bekerja dengan aktor muda karena selalu ada sesuatu untuk dipelajari. Selalu menyenangkan untuk melihat generasi berikutnya. Melihat bagaimana mereka mendekati hal-hal, apa yang hebat tentang mereka dan apa yang tidak begitu hebat tentang mereka," ujar Helen.

Sejak berkecimpung di dunia akting pada 1966 hingga 2018, total Helen telah tampil dalam 77 film, 25 serial televisi, dan 40 drama teater. Dia telah memenangi Academy Award untuk aktris terbaik, empat BAFTA (British Academy of Film and Television Arts), tiga Golden Globes, empat Emmy Awards, dan dua penghargaan aktris terbaik Cannes Film Festival.

"Saya telah berakting di film, televisi, dan teater. Semuanya pada tingkat yang cukup substansial. Saya pikir tidak mungkin bagi para aktor Amerika untuk melakukan itu," ujar Helen.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7873 seconds (0.1#10.140)