Menikmati Lawar Menu yang Khas dari Bali

Jum'at, 11 Mei 2018 - 12:55 WIB
Menikmati Lawar Menu yang Khas dari Bali
Menikmati Lawar Menu yang Khas dari Bali
A A A
JAKARTA - Lawar adalah masakan berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui secara merata yang berasal dari Bali.

Makanan ini lazim disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan lawar Bali. Lawar dibuat dari daging yang dicincang, sayuran, sejumlah bumbu, dan kelapa. Kadang-kadang di beberapa jenis lawar diberikan unsur yang dapat menambah rasa lawar, yaitu darah daging itu sendiri. Darah dicampurkan dengan bumbu tertentu sehingga menambah lezat lawar.

Lawar tidak dapat bertahan lama, jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari. Penamaannya bervariasi, biasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannya. Bila yang digunakan daging babi, lawar yang dihasilkan disebut lawar babi.

Demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, lawarnya diberi nama lawar nangka. Ada juga pemberian nama berdasarkan warna lawarnya, yaitu lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila lawarnya putih, dan lawar bernama lawar padamare, yaitu sejenis lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawar.

Lawar disajikan sebagai teman nasi bersama lauk-pauk lainnya. Jika ingin mencoba menu lawar, Anda bisa datang ke resto ran khusus yang menawarkan kuliner Bali. Di Jakarta sendiri sudah banyak restoran menu makanan Bali, misalnya Taliwang Bali yang punya cabang di Pacific Place dan Grand Indonesia.

Restoran ini memiliki menu lawar sayuran maupun daging yang semuanya halal (tidak ada pork). Selain itu, ada restoran Putu Made yang gerainya di Mall Senayan City. Di sini turut ditawarkan menu lawar sebagai identitas makanan Bali yang autentik. (Dyah Ayu Pamela)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6794 seconds (0.1#10.140)