Livi Zheng Kenalkan Blitar di Los Angeles

Jum'at, 11 Mei 2018 - 20:00 WIB
Livi Zheng Kenalkan Blitar di Los Angeles
Livi Zheng Kenalkan Blitar di Los Angeles
A A A
SUTRADARA muda yang berkiprah di Hollywood, Livi Zheng, memperkenalkan Kota Blitar dalam film pendek Blitar yang diputar dalam acara Amazing Blitar di Los Angeles, Amerika Serikat, Rabu (2/5/2018) lalu. Film tersebut mengangkat Triangle Diamond atau segitiga berlian di Kabupaten Blitar, yang terdiri dari Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong, dan Candi Penataran.

Livi mengatakan, ide awalnya pembuatan film Blitar dari dirinya yang ingin mengangkat budaya lokal Blitar, kampung halamannya. "Hal ini saya sampaikan ke Pak Rijanto, Bupati Blitar, dan beliau sangat mendukung ide tersebut," kata Livi dalam siaran pers yang diterima KORAN SINDO.

Bersama penayangan Blitar, digelar juga pentas seni dan budaya dari tim kesenian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar. Tim kesenian Pemkab Blitar ini tidak hanya mementaskan seni dan budaya masyarakat setempat, juga membawa pengunjung dan penonton di Los Angeles ikut dan merasakan ritual, estetika, dan keindahan panoramanya. Seni budaya yang ditampilkan, di antaranya tari emprak, tarian remo, dan tari jaranan.

Tari emprak yang dibawakan secara kolosal sebelumnya tercatat pernah dipentaskan di Eropa. Blitar yang diputar di University of California Los Angeles (UCLA) sebagai bagian dari Asian Languages and Cultures ini mendapat respons bagus dari para mahasiswa yang menontonnya. Bahkan, beberapa di antaranya berencana juga untuk berkunjung ke Blitar.

Livi Zheng dan Rijanto juga menjadi narasumber di salah satu kelas musik ethnomusicology UCLA. Topik pembahasan Livi dan Bupati Blitar adalah tentang kebudayaan dan kesenian Indonesia yang sebetulnya sudah mendunia. Contohnya, gamelan Indonesia sudah dipakai dalam film Star Trek, Avatar, dan Akira.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5025 seconds (0.1#10.140)