Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Rabu, 30 Mei 2018 - 14:33 WIB
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit
A A A
PARIWISATA halal global semakin bertumbuh. Penyebabnya adalah wisatawan Muslim yang cenderung memilih hotel, makanan, dan wisata pantai halal. Terkait hal itu Lembaga rating wisata muslim dunia, Mastercard-CrescentRating kembali merilis hasil Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018. Indonesia berada di peringkat kedua sebagai destinasi wisata halal populer dengan skor 72,8. Selain Indonesia berikut negara-negara tujuan wisata halal terpopuler di 2018

1. Malaysia (80,6)*
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Malaysia menjadi negara tujuan wisata halal paling diminati.Warisan sejarah dan budaya yang tak tertandingi ditambah keahlian Malaysia di bidang perhotelan halal, makin mengukuhkan negeri itu sebagai peringkat pertama di antara negara tujuan wisata halal lainnya.

2. Uni Emirat Arab dan Indonesia (72,8)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Sebagai salah satu ekonomi terkuat di Timur Tengah, Uni Emirat Arab (UEA) memiliki infrastruktur pariwisata halal luar biasa. Sedangkan Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam dinilai sebagai salah satu negara yang cocok untuk wisata halal dunia, dimana di negara ini mudah untuk menemukan makanan halal.

3. Turki (69,1)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Turki memiliki dua hal penting dan unik dalam industri pariwisata halal. Selain sebagai negara Muslim, negeri Seribu Satu Malam itu juga sebagai pemimpin industri perhotelan global.

4.Arab Saudi (68,7)Negara yang satu ini mungkin bisa dikatakan sebagai negara dengan wisata halal terbaik dunia yang benar-benar halal. Hal ini dikarenakan di sanalah kiblat umat Islam berada. Selain Mekkah, ada kota suci lainnya yang bisa dikunjungi, yaitu Madinah. Dua kota ini benar-benar akan memberikan kesan wisata spiritual menakjubkan.

5. Qatar (66,2)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Qatar, salah satu negara kaya di dunia yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Tak cuma mempunyai pemandangan yang menawan, Qatar juga menawarkan beraneka macam tempat wisata di qatar yang menarik untuk dikunjungi. Di antara obyek wisata yang bisa dikunjungi di Qatar adalah Pulau Buatan Palm Tree, Souq Waqif dan Museum Seni Islam.

6. Bahrain (65,9)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Bahrain merupakan sebuah negara di Asia Barat di teluk Persia terletak antara Qatar dan Saudi Arabia. Bahrain juga sedang mengembangkan pariwisatanya untuk menarik wisatawan untuk datang ke negara ini. Beberapa tempat wisata yang terkenal di negara ini antara lain Beit Syeikh Isa Bin Ali Al Khalifa, Bahrain National Museum dan Ar Areen Wildlife Park.

7. Oman (65,1)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Oman menjadi salah satu negara bagian dari negara Timur Tengah yang kental akan budaya Arabnya. Kesultanan Oman menjadi salah satu tujuan wisata paling menakjubkan di kawasan Timur Tengah. Berbeda dengan tujuan bersaing dengan atraksi buatan di wilayah tersebut, Oman memiliki keuntungan lain, yaitu lewat wisiata sejarah dengan bangunan megah dengan memesona beserta fitur alam dan budaya Oman yang indah.

8. Maroko (61,7)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Maroko merupakan negara dengan 99% populasi penduduk muslim. Berkunjung ke Maroko sangat cocok untuk wisatawan yang beragama Islam. Negara ini terkenal dengan budayanya yang unik, dimana budaya tradisional menyatu dengan budaya modern. Penduduk Maroko juga terkenal sebagai penduduk yang ramah. Selain itu tidak sulit untuk menemukan masjid dan juga makanan halal.

9. Kuwait (60,5)
Negara Tujuan Wisata Halal Terfavorit

Kuwait disebut-sebut sebagai negara Muslim terkaya di dunia. Kuwait tak kalah maju dengan negara-negara lain di Timur Tengah, seperti Uni Emirat Arab. Gedung-gedung pencakar langit, mal-mal dan suasana perkotaan di sana sangat modern. Grand Mosque, merupakan masjid terbesar di negara ini dan jadi kebanggaan masyarakatnya serta menjadi salah satu tujuan wisata andalan.

*Skor
Nilai dan potensial pasar Muslim di dunia pada 2016-2022 (dalam miliar USD)
2016 2
2022 3,08

Persentase pangsa pasar industri halal di dunia pada 2016 berdasarkan sektor
Keuangan Islam 43%
Makanan 36%
Fashion 7%
Media dan hiburan 6%
Travel 4%
Kosmetik 2%
Obat-obatan 2%

Perkiraan pendapatan pasar makanan halal di dunia 2016-2020 (dalam miliar USD)
2016 1.245,18
2017 1.335,42
2018 1.434,67
2019 1.560,99
2020 1.714,38

Negara dengan skor indeks pasar makanan halal di dunia pada 2016
Malaysia 89 (skor)
Uni Emirat Arab 67
Pakistan 60
Oman 57
Brunei Darussalam 52
Singapura 51
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5898 seconds (0.1#10.140)