5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia, Juaranya Aceh

Minggu, 01 September 2024 - 16:20 WIB
loading...
5 Destinasi Wisata Ramah...
Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan destinasi wisata ramah Muslim. Hal tersebut mengingat negara ini memiliki populasi Muslim terbesar dunia. Foto/Shutterstock Fredography
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan destinasi wisata ramah Muslim . Hal tersebut mengingat negara ini memiliki populasi Muslim terbesar di dunia.

Tujuan utama dari pengembangan wisata ramah Muslim adalah untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasan wisatawan Muslim yang berkunjung ke Indonesia. Oleh karena itu, peningkatan layanan amenitas, atraksi, dan aksesibilitas bagi wisatawan Muslim terus dikembangkan.

Pada 2019, sekitar 20 persen dari 14,92 juta turis asing yang datang ke Indonesia merupakan wisatawan Muslim. Menurut laporan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Indonesia menempati peringkat pertama dalam kualitas wisata halal di antara 130 negara tujuan wisata ramah Muslim.

Keberhasilan Indonesia dalam menyapu bersih 12 dari 16 penghargaan di World Halal Tourism Award 2016 di Abu Dhabi menjadi bukti langkah maju Indonesia dalam mengoptimalkan wisata ramah Muslim. Menurut CrescentRating, lembaga riset dan sertifikasi halal, terdapat lima destinasi wisata ramah Muslim di Indonesia yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019.

Berikut adalah daftar destinasi wisata ramah Muslim di Indonesia dirangkum dari situs resmi Kemenparekraf, Minggu (1/9/2024).

5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Indonesia





1. Aceh


Dalam World Halal Tourism Award 2016, Aceh berhasil mendapatkan penghargaan World's Best Airport for Halal Travellers - Sultan Iskandar Muda International Airport dan juga World’s Best Halal Cultural Destination. Selain itu, Aceh memiliki beberapa destinasi wisata unggulan seperti Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga berbagai pantai cantik yang akan melengkapi liburan di destinasi ramah Muslim satu ini.

2. Lombok


Selain memiliki keindahan alam yang memesona, Lombok turut menjadi salah satu destinasi wisata ramah Muslim. Bahkan Lombok pernah menduduki peringkat pertama wisata halal di Indonesia versi IMTI.

Lombok berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam World Halal Tourism Award 2016, yaitu World’s Best Halal Beach Resort, World’s Best Halal Honeymoon Destination, dan World’s Best Halal Tourism Website.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)