Yuk, Pahami Mitos dan Fakta Tentang Diabetes

Jum'at, 06 Juli 2018 - 16:12 WIB
Yuk, Pahami Mitos dan Fakta Tentang Diabetes
Yuk, Pahami Mitos dan Fakta Tentang Diabetes
A A A
JAKARTA - Ada banyak mitos yang berkaitan dengan diabetes yang cukup menyesatkan. Tahukah Anda bahwa diabetes adalah salah satu penyakit paling banyak menyerang orang di seluruh dunia? Anda pun harus mengenalnya.

Banyak fakta tentang diabetes yang sangat kurang diketahui orang-orang. Nah, untuk jelasnya, seperti dilansir Boldsky, berikut ini fakta tentang diabetes.

Mitos: Diabetes bukan penyakit serius.
Fakta: Sebuah survei mengungkap banyak kematian yang disebabkan karena diabetes daripada AIDS atau kanker payudara. Diabetes hampir menggandakan risiko serangan jantung. Namun, kabar baiknya, penyakit ini dapat dikendalikan.

Mitos: Jika Anda obesitas, Anda memiliki kemungkinan mengembangkan diabetes tipe-2.
Fakta: Kelebihan berat badan hanyalah salah satu alasan untuk mengembangkan diabetes tipe-2. Berbagai faktor lain seperti riwayat keluarga, usia dan etnis juga memainkan peran penting dalam mengembangkan diabetes. Namun, ada orang gemuk yang tidak pernah mengalami diabetes tipe 2 dan banyak orang dengan diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal.

Mitos: Asupan terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko diabetes.Fakta: Tidak, diabetes tipe 1 disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan tidak diketahui, sedangkan diabetes tipe 2 dikurung oleh genetika atau faktor gaya hidup. Jika Anda memiliki riwayat diabetes dalam keluarga, makan makanan sehat yang seimbang dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menjauhi penyakit tersebut.
Mitos: Diet ketat perlu diikuti.
Fakta: Aturan dasar makan makanan sehat adalah sama, bahkan untuk pasien diabetes atau orang yang tidak mengidap diabetes. Anda tidak perlu mengubah pola makan, tetapi pastikan Anda mengonsumsi tidak berlebih untuk makanan, seperti roti gandum, pasta, sereal, nasi dan sayuran bertepung, seperti kentang, jagung, ubi jalar, susu, yogurt, buah-buahan, manisan.

Mitos: Jika Anda punya diabetes, Anda tidak dapat makan permen.
Fakta: Anda tidak perlu memotong permen untuk di makan. Sebaliknya, makan permen secukupnya dan tidak teratur. ini dapat membantu Anda menjaga keseimbangan insulin dalam tubuh. Catatan: Rencana kesehatan diabetes harus lebih berkaitan dengan makan sehat dan latihan fisik daripada apa yang harus di makan atau tidak.

Mitos: Diabetes dapat menular.
Fakta: Tidak, diabetes tidak menular! Namun, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes. Umumnya disebabkan gaya hidup dan faktor genetik.

Mitos: Semua jenis diabetes sama.
Fakta: Ada banyak jenis diabetes dan yang paling umum adalah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional. Setiap jenis diabetes memiliki penyebab yang berbeda dan harus dikelola dengan cara yang berbeda. Gestational diabetes hilang setelah kehamilan, tetapi secara signifikan dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8475 seconds (0.1#10.140)