Tahun Ini Jamaah Haji Bisa Dapat Alat Pelindung Diri, Apa Saja?

Senin, 23 Juli 2018 - 11:11 WIB
Tahun Ini Jamaah Haji Bisa Dapat Alat Pelindung Diri, Apa Saja?
Tahun Ini Jamaah Haji Bisa Dapat Alat Pelindung Diri, Apa Saja?
A A A
JAKARTA - Ada yang baru dari penyelenggaraan ibadah haji 2018. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan sejumlah perlengkapan yang mendukung kesehatan, apa saja?

Tahun ini, Kemenkes memberi 204.000 kacamata, 20.400 pasang sandal, 204.000 payung, 20.400 box masker, 204.000 tas dan 20.400 penyemprot air (water spray). Penyiapan alat pelindung diri (APD) ini dalam rangka mengurangi risiko kesehatan jemaah haji Indonesia selama berada di Tanah Suci.

"Seluruh barang akan disimpan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah dan KKHI Madinah," jelas kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Eka Jusuf Singka.

APD ini akan dibagikan saat tim promotif preventif (TPP) Kemenkes bertemu dengan jemaah yang tidak membawa atau menggunakan alat tersebut. "Selain sandal, tim kesehatan juga akan membagikan payung, masker dan penyemprot air untuk mengantisipasi panasnya cuaca di Tanah Suci," tambahnya.

Menurut Eka, para jemaah haji seringkali lupa posisi, di mana meletakkan sandal saat hendak beribadah di Masjid Nabawi atau Masjidil Haram. Tahun ini, jemaah haji Indonesia yang lupa atau kehilangan sandalnya, bisa mendapatkan alas kaki secara gratis dari petugas haji Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jemaah kehilangan sandal dan nekat bertelanjang kaki di tengah cuaca terik di Tanah Suci.

"Biasanya mereka (jemaah haji) sandalnya ketinggalan. Bahaya, kakinya bisa kepanasan," ungkapnya.

Sementara rata-rata suhu di Tanah Suci pada musim haji tahun ini berkisar antara 53 derajat celsius. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, di antaranya luka lepuh hingga heatstroke.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, jemaah yang berangkat ke tanah suci mayoritas masuk kategori berisiko (kesehatan) tinggi dan lanjut usia," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6689 seconds (0.1#10.140)