Indonesian Television Awards 2018 Bagikan Piala untuk 13 Kategori

Selasa, 25 September 2018 - 21:30 WIB
Indonesian Television Awards 2018 Bagikan Piala untuk 13 Kategori
Indonesian Television Awards 2018 Bagikan Piala untuk 13 Kategori
A A A
JAKARTA - Indonesian Television Awards (ITA) kembali digelar untuk ketiga kalinya. Penghargaan kepada program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia ini akan memberikan 13 kategori penghargaan yang terdiri dari 9 kategori program televisi dan 4 kategori individu.

Aperesiasi ini merupakan yang tertinggi dalam dunia pertelevisian Indonesia dan sebagai bentuk dukungan agar seluruh insan pertelevisian meningkatkan kreativitas dan mendukung perkembangan industri pertelevisian Indonesia.

"Di balik media televisi, ada pihak-pihak yang patut diapresiasi karena karya maupun kerja keras mereka diterima oleh masyarakat luas. Tahun ketiga ini, Indonesian Television Awards memberikan 13 penghargaan untuk kategori program televisi dan insan pertelevisian sebagai bentuk apresiasi kepada mereka yang memiliki ide kreatif untuk menyajikan siaran-siaran yang disukai oleh masyarakat," ujar Dini Putri selaku Project Leader ITA saat jumpa pers di Hard Rock Cafe, Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Berbeda dengan program penghargaan sejenis, penentuan nominasi ITA tidak didasarkan rating program melainkan berdasarkan survey top of mind masyarakat mengenai program televisi dan insan pertelevisian. Sementara, seluruh program yang masuk nominasi merupakan program yang tayang di periode Juli 2017—Juni 2018.

"Kita bekerjasama dengan Roy Morgan Reaserch untuk survey. Perhitungan dan analisa voting dilakukan oleh Provetic untuk menjaga akurasi perhitungan serta validasi data para voters dan hasil voting akan diverifikasi oleh auditor independen. Jadi kami bukan berdasarkan rating. Pemirsa yang memilih, top of mind pemirsa. Programnya sendiri untuk rentang periode Juli 2017—Juni 2018," papar dia.

Seluruh nominator di 13 kategori terpilih dari hasil survei yang dilakukan tim Roy Morgan Reaserch dengan melakukan survei secara langsung melibatkan 1700 responden di 22 kota di 17 provinsi di Indonesia. Roy Morgan Reasearch melakukan survei langsung ke penonton televisi untuk mengetahui program acara televisi yang menjadi favorit.

"Kita survei nggak cuma di kota besar aja tapi juga kota-kota kecil seperti Bukit Tinggi. Kita tanya, apa suka nonton tv, siapa aktor favoritnya. Kita kasih tiga pertanyaan dan nggak tanya yang aneh-aneh. Dari situ baru menjadi nominasi," kata Ira Sukirman perwakilan dari Roy Morgan Research.

Selanjutnya, penilaian terhadap masing-masing nominasi dilakukan dengan melibatkan masyarakat untuk menentukan penerima penghargaan terpopuler. Masyarakat secara langsung memberikan suara melalui media sosial, Facebook dan Instagram serta melalui website www.indonesiantvawards.co. Memakai sistem one vote one id, pemirsa akan menentukan pemenang dari masing-masing kategori.

Sementara voting dibuka mulai hari ini, Selasa (25/9/2018) sampai 24 Oktober 2018. Hasil voting akan diumumkan pada malam puncak Indonesia Television Awards yang akan digelar pada Rabu, 31 Oktober 2018 di Studio 14 MNC Studios dan disiarkan langsung oleh RCTI.

"Untuk pengisi acara, liat aja di Instagram RCTI, pantengin siapa. Karena ini acara masih satu bulan lagi jadi kita tahan dulu. Yang jelas satu artis Korea dan satu artis luar. Itu udah jadi tradmark kita," tutur Dini.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7991 seconds (0.1#10.140)