Serunya Petualangan dan Perjalanan ke Pantai Timang Yogyakarta

Selasa, 09 Oktober 2018 - 00:30 WIB
Serunya Petualangan dan Perjalanan ke Pantai Timang Yogyakarta
Serunya Petualangan dan Perjalanan ke Pantai Timang Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Tak akan ada habisnya jika membicarakan keindahan dan keunikan pantai di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Gunungkidul yang merupakan kawasan bukit karst, membuat pesona pantainya sangat memukai. Salah satunya adalah Pantai Timang Yogya.

Dikutip dari Travelingyuk, untuk mengunjungi destinasi ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Pantai Timang memiliki jarak yang cukup jauh dari permukiman penduduk. Hunian terakhir yang terdekat dengan wisata ini kurang lebih berjarak sekitar 1 jam dengan berjalan kaki.

Pada dasarnya, jika ditarik garis lurus, jarak tempuh menuju destinasi ini hanya sekitar 1 km. Namun medannya yang berliku dan naik turun menyebabkan perjalanan menjadi lebih lama. Kendati demikian, Pantai Timang menyediakan ojek motor dengan tarif Rp50.000 untuk pulang pergi atau jika datang bersama rombongan, Anda bisa menyewa Jeep dengan tarif Rp350.000 untuk pulang pergi.

Namun jangan khawatir, keletihan dan kepenatan selama perjalanan akan terbayar setelah sampai di pantai ini. Pantai Timang Yogya terbagi menjadi dua sisi. Pertama adalah bagian teluk kecil berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sisi ini cukup aman untuk bermain-main di pasir putihnya.

Kedua adalah maskot Pantai Timang yaitu Pulau Timang yang berada di sebrang. Pulau Timang merupakan sebuah bongkahan bukit karang yang cukup besar. Awalnya, pulau ini digunakan oleh nelayan setempat untuk mencari udang lobster. Namun karena tidak memungkinkan menggunakan perahu, maka dibuatlah gondola gantung yang memudahkan para nelayan.

Di bagian inilah terletak gondola gantung yang cukup terkenal hingga pernah digunakan menjadi lokasi shooting reality show asal Korea Selatan yaitu Running Man. Hal ini membuktikan bahwa Pantai Timang Yogja sudah terkenal hingga mancanegara. Untuk mencobanya gondola ini, wisatawan perlu membayar Rp200.000 dan jika ingin menyusuri jembatan gantung, cukup dengan Rp150.000.

Namun, yang perlu diingat adalah wisatawan harus ekstra hati-hati karena tidak ada tali pengaman. Ditambah lagi hembusan anginnya cukup kencang. Jika tidak tertarik menyebrang menggunakan gondola atau jembatan gantung, Anda masih bisa berselfie di sisi pantai lainnya. Pantai Timang sendiri memiliki banyak spot-spot menarik untuk selfie.

Anda pun hanya perlu membayar kisaran Rp5.000 untuk berpose di setiap spot yang disediakan. Sayangnya, Pantai Timang Yogya ini belum dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai seperti rumah makan, namun hanya tersedia beberapa warung.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7395 seconds (0.1#10.140)
pixels