Gigitan Nyamuk Bisa Buat Bengkak Payudara

Rabu, 24 Oktober 2018 - 16:07 WIB
Gigitan Nyamuk Bisa Buat Bengkak Payudara
Gigitan Nyamuk Bisa Buat Bengkak Payudara
A A A
JAKARTA - Waspada dengan gigitan nyamuk. Efeknya tak hanya bisa menyebabkan penyakit kaki gajah, juga pembengkakan pada skrotum pria dan pembengkakan pada payudara.

Seperti diketahui, skrotum merupakan bagian dari organ reproduksi pria. Bentuknya berupa kantong kulit yang menggantung di bagian bawah penis dan berperan sebagai pembungkus testis.

Pembengkakan ini tak lain disebabkan cacing filaria yang berada pada nyamuk. Ukurannya yang sangat kecil, membuat cacing filaria dapat dengan mudah menembus pembuluh darah hingga masuk ke dalam sistem kelenjar getah bening. Oleh karena itu, jika cacing berjalan hingga skrotum, maka kondisi ini menyebabkan organ intim pria itu menjadi bengkak.

"Digigit ke pembuluh darah, cacingnya itu jalan ke mana-mana, bisa di sini (skrotum), jadi gede," kata Lita Renata Sianipar selaku Kasubdit Filariasis dan Kecacingan Kementerian Kesehatan.

Sementara, jenis cacing yang bisa membuat skrotum pria membengkak merupakan cacing w. bancrofti. Cacing ini juga bisa menyerang payudara wanita hingga menyebabkan pembengkakan hingga lipatan-lipatan yang memicu cacat.

"Selain w. bancrofti ada juga jenis cacing lainnya yang menyerang organ tubuh yakni b. malayi dan b. timori. Dua jenis cacing tersebut menyerang lutut dan siku ke bawah," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4795 seconds (0.1#10.140)