The Little Giantz Berharap Nussa Memberikan Standar Baru Film Animasi

Sabtu, 01 Desember 2018 - 08:18 WIB
The Little Giantz Berharap Nussa Memberikan Standar Baru Film Animasi
The Little Giantz Berharap Nussa Memberikan Standar Baru Film Animasi
A A A
JAKARTA - Membuat film animasi yang bukan hanya mendidik, namun juga bernuansa Islam bukanlah pekerjaan yang mudah, terlebih waktunya yang begitu singkat. Hal tersebut sebagaimana yang dirasakan The Little Giantz dan 4 Stripe dalam menggarap web series animasi "Nussa".

Diungkapkan CEO The Little Giantz, Aditya Triantoro, banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya melakukan riset untuk mengetahui apa yang tengah dibutuhkan masyarakat saat ini. Pasalnya, sebelum memulai proses pembuatannya, kreator benar-benar membutuhkan banyak sumber atau masukkan, dan termasuk pesan moral apa yang akan disisipkan.

"Dalam berkarya, melakukan riset terlebih dahulu. Pasar menginginkan seperti apa, ini harus banyak melakukan riset," tegas Aditya yang juga mengungkapkan jika semakin banyak halangan, maka itu menjadi tantangan.

Kendati demikian, proses pengembangan animasi Nussa berlangsung cukup cepat. "Per serial, develop-nya cukup singkat, sebulan lebih, detail hariannya maju-mundur. Proses maju-mundurnya ini banyak," ujar Aditya.

(Baca juga: Nussa, Oase di Tengah Keringnya Tontonan Anak yang Sarat Edukasi )

Sedangkan proyek animasi "Nussa" sendiri pengerjaannya terbilang cukup singkat, yakni hanya empat bulan, padahal menurut COO The Little Giantz, Ricky Manoppo, normalnya perlu waktu minimal 1-2 tahun. Meskipun begitu, pekerjaan mereka ini melalui banyak revisi.

"Alhamdulillah, Allah memiliki cara sendiri, semuanya mengalir begitu cepat. Banyak kemudahan yang dirasa oleh teman-teman di The Little Giantz," ungkap Ricky saat wawancara eksklusif dengan SINDOnews di markas The Little Giantz di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

"Web series Nussa bukan hanya jawaban dari doa, tapi juga harapan seluruh orang tua muda Indonesia akan adanya konten Islami, bermanfaat dan juga nyaman di mata. Memang salah satu tugas paling berat bagi orang tua adalah memilihkan referensi terbaik bagi anak-anak agar tidak menjadi bahaya di masa depan," jelas Ricky.

Kehadiran animasi Nussa di tengah masyarakat ini diharapkan bisa memberikan standar baru film animasi, yang tidak hanya bagus dari segi grafis, namun terdapat juga pesan moral yang kuat dalam film tersebut.