Saloka Theme Park, Taman Rekreasi Terbesar di Jawa Tengah

Selasa, 18 Desember 2018 - 20:30 WIB
Saloka Theme Park, Taman Rekreasi Terbesar di Jawa Tengah
Saloka Theme Park, Taman Rekreasi Terbesar di Jawa Tengah
A A A
SEMARANG - Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kembali menambah destinasi wisata baru. Tempat itu adalah Saloka Theme Park yang berlokasi di Jalan Fatmawati 154, Lopait, Tuntang. Tempat ini diklaim bakal menjadi taman wisata dan rekreasi terbesar di Jawa Tengah.

Nama Saloka berasal dari inspirasi mengangkat budaya lokal dari legenda Rawa Pening, lokasi Saloka Theme Park berada. Saloka Theme Park yang resmi dibuka pada Sabtu (15/12/2018). Dari 25 wahana yang dimiliki, 22 diantaranya telah beroperasi.

Menurut Managing Director PT Panorama Indah Permai selaku perusahaan pengelola Saloka Theme Park, Teddy Darmanto, untuk saat ini taman rekreasi dan wisata keluarga yang berdiri di atas lahan seluas 18 hektare ini masih sebatas soft opening. Meski baru 22 wahana yang bisa dioperasionalkan, namun diyakini sudah cukup memuaskan wisatawan yang berkunjung ke taman rekreasi dan wisata keluarga yang terletak di jalur utama penghubung Semarang-Solo ini.

“Nanti akan kami operasionalkan seluruh 25 wahana saat grand opening. Saat ini baru sebatas soft opening, jadi baru 22 wahana,” ujar Teddy.

Namun demikian, pihaknya belum memastikan kapan Saloka Theme Park akan dibuka secara penuh atau saat grand opening. Dia menyatakan bahwa saat ini soft opening dilakukan menyusul segera tiba musim libur sekolah dan akhir tahun.

“Mungkin nanti grand opening kita lakukan saat masa libur selanjutnya. Saat ini baru soft opening, tapi kami yakin sudah cukup memuaskan warga masyarakat, khususnya di sekitar Kabupaten Semarang dan Jateng yang akan menjalani libur akhir tahun dan libur sekolah,” ujarnya.

Sementara, Chief Financial Officer (CFO) PT Panorama Indah Permai, Danny Agung Nugroho, menyebutkan bahwa dari 22 wahana yang telah dibuka terbagi dalam dua segmen, yakni untuk pengunjung dewasa dan anak-anak.

“Untuk yang remaja atau dewasa mungkin bisa mencoba wahana yang sedikit menantang, seperti Lika-liku (rollercoaster), Bengak-bengok, atau Cakrawala (Bianglala). Kalau yang anak-anak bisa mencoba wahana yang penuh keceriaan,” kata dia.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto menambahkan, keberadaan Saloka Theme Park diharapkan bisa memberikan efek domino bagi masyarakat Salatiga, meski lokasinya berada wilayah Kabupaten Semarang.

"Harapan kami jelas adanya objek wisata ini bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, tak hanya Kabupaten Semarang tapi juga Salatiga. Wisatawan bisa berkunjung di Saloka, nanti makan dan menginapnya di Salatiga. Salatiga kan kulinernya banyak," kata Yuliyanto.

Sementara itu, dalam acara soft opening Saloka Theme Park dimeriahkan penampilan kesenian khas Salatiga dan Kabupaten Semarang, Drumblek, dan juga sendratari Baru Klinting, yang mengisahkan legenda Rawa Pening.

Pada awal pembukaan itu, Saloka Theme Park memberikan harga promo bagi pengunjung, yakni diskon 20%. Untuk hari libur dan akhir pekan, pengunjung dikenakan tarif Rp120.000. Sedangkan hari biasa atau weekday, pengunjung dikenai tarif Rp96.000 per tiket.

Untuk satu tiket masuk bisa digunakan untuk berbagai wahana permainan. Jadi pengunjung hanya dikenai satu tarif, selanjutnya bisa mencoba jenis permainan apapun hingga puas.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)