Diet Pegan Baik untuk Kesehatan Jantung

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:29 WIB
Diet Pegan Baik untuk Kesehatan Jantung
Diet Pegan Baik untuk Kesehatan Jantung
A A A
JAKARTA - Pernah mendengar diet pegan? Diet ini menggabungkan prinsip-prinsip utama dari diet paleo dan vegan untuk menciptakan rencana makan yang sehat. Sebagian besar, diet pegan diisi dengan banyak sayuran dan buah-buahan.

Untuk menjalani diet ini, sekitar 50 hingga 75 persen makanan yang dikonsumsi harus mencakup buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayuran rendah glisemik, harus dikonsumsi lebih banyak agar gula darah tidak melonjak. Untuk makanan lain, seperti daging, bisa dimakan, tetapi dalam jumlah kecil demikian dengan ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lemak sehat , namun tanpa minyak, susu, gluten, dan gula yang dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

Asupan biji-bijian yang dikonsumsi tidak boleh melebihi lebih dari 125 gram per makan, sedangkan asupan kacang-kacangan tidak boleh lebih dari 75 gram per hari.

Seperti dilansir Times Of India, adapun biji-bijian dan kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi dalam diet pegan, yakni beras hitam, quinoa, bayam, millet,dan gandum. Untuk kacang, ada buncis, kacang hitam, dan kacang pinto. (Baca juga: 3 Latihan Ringan untuk Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan ).

Namun, di diet awal, makan lemak sehat dari sumber-sumber bisa disantap, seperti kacang, kecuali kacang tanah, biji-bijian, minyak alpukat, minyak zaitun, dan minyak kelapa mentah. Lemak jenuh dari ikan, telur utuh, dan makan rumput atau daging dan mentega atau ghee juga diizinkan dikonsumsi dalam diet ini.

Konsumsilah protein dari sumber hewani atau nabati berkualitas tinggi, seperti kacang-kacangan, lentil, kacang polong,. Dalam paleo tradisional, kacang tidak diperbolehkan karena kandungan lektin dalam kacang bisa merusak lapisan usus.

Selama menjalani diet ini, ada makanan yang tidak boleh dinikmati, seperti makanan olahan, segala bentuk gula yang ditambahkan atau dihaluskan, tidak boleh ada produk susu seperti susu sapi, mentega, keju, yogurt, dan produk susu hewan lainnya.

Selain itu, tidak ada minyak olahan seperti canola, kedelai, bunga matahari, dan minyak jagung, juga aditif makanan, seperti pewarna buatan, perasa, pengawet, pewarna makanan dan aditif lainnya harus dihindari sepenuhnya.

Lalu, apa manfaat diet ini? Pegan diet menekankan pada buah-buahan yang padat nutrisi, sayuran, dan lemak sehat yang mungkin berdampak positif pada kesehatan jantung dan membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3177 seconds (0.1#10.140)