3 Latihan Ringan untuk Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kamis, 21 Februari 2019 - 11:30 WIB
3 Latihan Ringan untuk Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan
3 Latihan Ringan untuk Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan
A A A
JAKARTA - Para ahli mengatakan, jika Anda menginginkan hidup yang lebih lama dan sehat, maka olahraga secara teratur merupakan suatu keharusan. Sementara manfaat kesehatan jangka panjang seperti umur panjang sudah terbukti, manfaat jangka pendek dari olahraga juga sangat penting. Olahraga dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, dan juga meningkatkan metabolisme dan pencernaan.

Pencernaan yang sehat penting untuk menjaga tubuh dan perut, didetoksifikasi dan terhindar dari kembung. Meski mengonsumsi makanan sehat, namun tidak dicerna dengan baik maka sedikit manfaat yang didapatkan. Berikut adalah beberapa latihan yang dapat dicoba untuk menjaga kesehatan pencernaan seperti dilansir dari Times Now News.

1. Shit up
Shit up merupakan salah satu latihan terbaik yang dapat Anda lakukan untuk pencernaan yang sehat. Latihan ini menggunakan otot-otot inti dan otot-otot di perut dan memperkuat gerakan usus. Shit up juga membantu mencegah gas atau kembung. Latihan ini juga dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut. Untuk hasil yang maksimal lakukan satu set 15—20 repetisi setiap hari.

2. Yoga
Yoga asana seperti pose perahu, pose anak-anak, anjing ke bawah dan ke atas, sangat baik untuk meningkatkan pencernaan dan juga menghilangkan lemak perut. Yoga juga terbukti dapat meregangkan dan mengendurkan otot-otot di perut dan menghindari masalah seperti kembung dan keasaman. Yoga juga dapat membantu Anda mengurangi stres yang merupakan faktor lain yang menyebabkan pencernaan menjadi buruk.

3. Bersepeda
Bersepeda dapat membantu meningkatkan pencernaan karena memastikan pergerakan makanan yang cepat melalui usus. Bersepeda juga membantu mengurangi air yang hilang di tinja sehingga membantu meningkatkan pencernaan. Lakukan secara rutin untuk pencernaan yang sehat, selama 20—30 menit dalam sehari.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)