Apakah Captain Marvel Bisa Mengalahkan Superman?

Kamis, 07 Maret 2019 - 19:30 WIB
Apakah Captain Marvel Bisa Mengalahkan Superman?
Apakah Captain Marvel Bisa Mengalahkan Superman?
A A A
JAKARTA - Captain Marvel adalah pahlawan terkuat yang ada di jagat Marvel Cinematic Universe (MCU) saat ini. Sosok dengan nama asli Carol Danvers yang diperankan Brie Larson ini punya kekuatan di atas kekuatan pahlawan lain yang sudah lebih dikenal di MCU. Dia bahkan disebut mampu mengempaskan Thor dan Hulk hanya dalam waktu singkat.

Namun, seperti yang sudah banyak diketahui orang, di jagat superhero fiksi, sampai saat ini, tidak ada yang bisa menandingi Superman. Pahlawan dari DC Comics ini dikenal sangat didgaya. Kekuatan alien di dalam dirinya membuatnya bisa terbang, kebal, punya penglihatan panas dan tembus pandang serta bisa mengembuskan es. Jadi, rasanya tak ada superhero lain yang mampu menandingi Superman hingga saat ini. Meski begitu, kemunculan Captain Marvel sepertinya akan membuat Superman bakal punya pesaing baru.

Seperti yang sering dikemukakan, di versi komik, Captain Marvel bisa terbang, menyerap dan melepaskan energi. Dia bahkan memiliki kemampuan prekognitif terbatas. Jika Anda sudah nonton filmnya, maka Anda bakal bisa menyaksikan sendiri seperti apa kekuatan Captain Marvel tersebut. Bagi yang belum dan penasaran, ya, segera tonton saja filmnya yang sudah tayang di bioskop. Lantas, apakah Captain Marvel bisa mengalahkan Superman jika suatu hari ada film lintas batas antara Marvel dan DC?

Pemeran Captain Marvel, Brie Larson, sepertinya punya jawabannya. Meskipun tak secara gamblang menyebutkan apakah karakternya itu bakal memenangkan pertandingan dengan Superman, tapi, secara implisit, dia mengatakan, Superman tidak bisa meremehkannya. Ucapan itu diungkapkan Brie ketika sesi tanya jawab Google di Wired. Dia menjawab sebagian besar pertanyaan tentang dirinya yang sering muncul di Google.

“Apakah Captain Marvel bisa mengalahkan Superman?” demikian pertanyaan tersebut.

“Saya nggak percaya kalian harus meng-Google itu, duh!” jawab Brie.

Pertanyaan ini memang cukup bagus. Namun, dikutip dari MovieWeb, lagi-lagi jawabannya bakal berbeda jika ditanyakan ke fans masing-masing superhero ini. Fans DC jelas bakal menyebut Superman-lah yang bakal memenangkan pertandingan itu. Clark Kent adalah orang yang memulai semua yang terkait dunia superhero. Dia punya kekuatan besar dan bahkan pernah mengalahkan Hulk di masa lalu di komik. Namun, Captain Marvel bisa dengan mudah melumpuhkan Hulk tanpa meneteskan setetes keringat pun. Jika memang ada pertandingan antara Superman dan Captain Marvel, pertarungan ini bisa berakhir dengan seri. Atau, bisa jadi pertandingan itu bakal menghancurkan Bumi,

Sebenarnya, jauh sebelum Captain Marvel muncul, ada sosok lain di MCU yang disebut bakal mampu mengalahkan Superman . Dia adalah Ant-Man. Klaim ini dibuat Dr Spiros Michalakis dari California Institute of Technology saat berbicara kepada Inverse (via SR) tentang pengalamannya menjadi konsultan Marvel Studios untuk film Ant-Man (2015) yang dibintangi Paul Rudd.

Menurut dia, keberadaan Ant-Man di Dunia Kuantum memberinya keuntungan taktis yang berbeda. Dia mengatakan, di Dunia Kuantum, Ant-Man tidak akan terikat hukum fisika yang kita kenal—hukum yang masih ditaati superhero, bahkan jika superhero seperti Superman bisa membelokkan hukum itu seperti dengan terbang.

“Yang saya katakan adalah dengan potensi memahami kode kuantum darimana lengkungan ruang waktu berasal, (Ant-Man) bisa memanipulasinya untuk meningkatkan atau menguranginya. Superman pernah, di kanon DC Universe, mengangkat beban 200 kuintal ton. Tapi, kalau Ant-Man punya cara, dia bisa mengalahkan Superman dengan 201 ton. Ant-Man bisa menciptakan, bisa dikatakan, lubang hitam. Bisakan Superman lari dari lubang hitam? Mungkin tidak. Lalu, game over,” tutur Michalakis.

Klaim ini mungkin adalah teori ilmiah, tapi akan menjadi satu debat panas para fans berat DC dan Marvel. Namun, klaim ini adalah sesuatu yang menarik dari karakter Ant-Man. Sosok ini disebut bakal punya peranan penting di Avengers: Endgame. Sejumlah teori menyebut, Ant-Man alias Scott Lang yang di akhir Ant-Man and the Wasp terjebak di Dunia Kuantum, bakal berhasil lolos dari dunia itu dengan melakukan perjalanan menembus waktu.

Perjalanan menembus waktu ini disebut penting di Avengers: Endgame karena itu merupakan upaya mereka untuk mengalahkan Thanos yang telah menjentikkan jari dan melenyapkan separuh populasi alam semesta. Pengetahuan Ant-Man tentang perjalanan menembus waktu dan Dunia Kuantum bakal menjadi salah satu kunci untuk kesuksesan usaha Avengers tersebut. Hanya, sampai sekarang belum terungkap bagaimana upaya itu akan terlaksana.

Apa pun yang terjadi, petualangan Ant-Man dan Avengers bakal terkuak di Avengers: Endgame yang akan tayang pada 24 April mendatang. Bagi Anda yang ingin tahu seperti apa kekuatan Carol Danvers dan kemungkinan dia bakal mengalahkan Superman, bisa menyaksikan film Captain Marvel yang sudah tayang di bioskop.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6822 seconds (0.1#10.140)