5 Gejala TBC yang Harus Segera Ditangani Dokter

Senin, 25 Maret 2019 - 19:30 WIB
5 Gejala TBC yang Harus Segera Ditangani Dokter
5 Gejala TBC yang Harus Segera Ditangani Dokter
A A A
JAKARTA - Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia dirayakan pada 24 Maret setiap tahun. TBC merupakan penyakit tersembunyi yang mungkin tidak dianggap sebagai masalah serius sampai benar-benar menjadi terlalu serius.

Penyakit ini menyerang lebih banyak orang di negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah, seperti India. Pada 2012, sekitar 8,6 juta orang mengidap TBC, dimana 1,3 juta diantaranya meninggal karena penyakit tersebut, dan jumlahnya telah serupa sejak itu.

Penting untuk mengetahui tentang penyakit yang begitu umum dan sangat fatal ini. TBC jelas menunjukkan gejala yang harus ditanggapi dengan serius, dan memulai perawatan sesegera mungkin untuk memastikan penyakitnya tidak mematikan. Gejala yang sangat umum yang dapat disalahartikan sebagai pilek dan batuk biasa, atau gejala penyakit lainnya adalah batuk yang berlangsung berminggu-minggu, kelelahan, demam, menggigil dan berkeringat di malam hari.

Gejala-gejala ini dapat membuat Anda berpikir bahwa Anda hanya di bawah cuaca dan obat OTC, umum akan menyembuhkan masalah tersebut. Namun, jika gejala-gejala ini disertai dengan gejala TBC yang tidak biasa seperti berikut ini, pastikan Anda mengunjungi dokter sesegera mungkin. Berikut gejala TBC yang harus diwaspadai seperti dilansir dari Times Now News. (Baca juga: Atasi Masalah Mental Remaja dengan Membangun Komunikasi ).

1. Batuk darah
Batuk normal dapat disebabkan oleh infeksi virus yang Anda alami karena cuaca, atau hanya dengan berada di sekitar seseorang yang terinfeksi. Namun, jika Anda batuk darah saat batuk normal, itu merupakan hal yang harus diwaspadai. Ini bisa menjadi gejala TB aktif dan Anda harus segera ke dokter.

2. Kehilangan selera makan
Tidak merasa lapar ketika Anda sakit adalah normal, tetapi ketika masalah terjadi untuk jangka waktu yang lama, itu berarti Anda lebih sakit daripada yang Anda kira. Jika gejala-gejala di atas disertai dengan hilangnya nafsu makan dalam waktu yang lama, Anda harus memeriksakan diri.

3. Efek pada organ lain
Jika TBC terjadi di luar paru-paru Anda, itu akan mempengaruhi organ lain secara berbeda dan Anda harus mengetahui gejala-gejala ini. Anda harus waspada terhadap gejala-gejala ini juga untuk mendeteksi masalah sejak dini. Jika Anda menderita TBC tulang belakang, Anda mungkin mengalami sakit punggung, dan TBC ginjal dapat menyebabkan darah dalam urin Anda.

4. Sakit dada
Salah satu gejala TBC yang umum dan serius adalah nyeri dada. Namun, kebanyakan orang mengaitkannya dengan batuk dan pilek dan tidak menganggapnya serius. Nyeri dada kronis juga dapat terjadi jika Anda mengalami serangan jantung, dan karena itu Anda harus mengunjungi dokter jika rasa sakitnya sangat sering muncul.

5. Berkeringat di malam hari
Sesuatu yang mungkin terasa seperti kondisi cuaca saja, di mana Anda berkeringat di malam hari sebenarnya bisa menjadi gejala suatu penyakit. Jika Anda merasa keringat terjadi tanpa alasan dan disertai dengan gejala-gejala lain di atas, Anda harus segera mengunjungi dokter.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4801 seconds (0.1#10.140)
pixels