Rutin Berolahraga Bisa Bikin Awet Muda

Jum'at, 05 April 2019 - 20:30 WIB
Rutin Berolahraga Bisa Bikin Awet Muda
Rutin Berolahraga Bisa Bikin Awet Muda
A A A
JAKARTA - Ingin awet muda? Jika demikian, mulailah berolahraga empat hingga lima kali sehari karena dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat dan memperlambat penuaan.

Penelitian yang dilakukan University of Texas menunjukkan bahwa ukuran arteri yang berbeda dipengaruhi secara berbeda dengan jumlah latihan yang bervariasi.

Berolahraga selama dua hingga tiga hari seminggu selama sekitar 30 menit mungkin cukup untuk meminimalkan pengerasan pembuluh darah berukuran sedang. Sementara, berolahraga selama sekitar empat hingga lima hari seminggu diperlukan untuk menjaga arteri pusat yang lebih besar tetap muda.

“Studi ini membantu mengembangkan program latihan untuk menjaga jantung awet muda dan bahkan mengembalikan waktu pada jantung dan pembuluh darah yang lebih tua," kata salah satu penulis studi, Benjamin Levine dari University of Texas.

Seiring bertambahnya usia, arteri yang mengangkut darah masuk dan keluar dari jantung menjadi rentan terhadap pengerasan sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Pada penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Physiology, tim memeriksa 102 orang di atas 60 tahun dengan riwayat latihan seumur hidup yang konsisten.

Para peserta dibagi menjadi empat kelompok, tergantung pada riwayat latihan mereka. Kelompok Menetap: kurang dari 2 sesi latihan per minggu; Berolahraga Santai: 2-3 sesi latihan per minggu; Perenang yang Berkomitmen: 4-5 sesi latihan per minggu dan Atlet Masters: 6-7 sesi latihan per minggu.

Mereka yang olahraga dua-tiga kali seminggu menghasilkan arteri berukuran menengah yang lebih muda yang memasok darah beroksigen ke kepala dan leher. (Baca juga: Awas! Salah Diet Bisa Berakibat Fatal ).

Sementara, olahragawan yang berkomitmen (4-5 kali per minggu) juga memiliki arteri sentral besar yang lebih muda yang memberikan darah ke dada dan perut, selain yang berukuran menengah lebih sehat. Arteri yang lebih besar perlu lebih sering berolahraga untuk memperlambat penuaan.

“Temuan ini akan membantu. Kita dapat membalikkan penuaan jantung dan pembuluh darah dengan menggunakan jumlah olahraga yang tepat pada waktu yang tepat," jelas Levine.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)