Kapan Waktu yang Tepat Berbicara Seks pada Anak?

Jum'at, 03 Mei 2019 - 16:04 WIB
Kapan Waktu yang Tepat Berbicara Seks pada Anak?
Kapan Waktu yang Tepat Berbicara Seks pada Anak?
A A A
JAKARTA - Anda akan tercengang dan tidak tahu harus berkata apa untuk menjawab saat anak Anda yang berusia 8 tahun, tiba-tiba bertanya apa arti naksir, atau lebih buruk, apa arti seks karena dia mendengar kata itu dari seseorang. Tetapi, pada kenyataannya pertanyaan itu sangat penting untuk dijawab.
Banyak orang tua tidak mempersiapkan diri mereka untuk menjawab pertanyaan terkait seks . Anda dapat mengharapkan seorang anak berusia 13 tahun yang bertanya kepada Anda tentang cinta, tetapi bagaimana jika anak Anda yang berumur 9 tahun bertanya kepada Anda akan hal itu? Seperti dilansir Times Of India, penulis dan pendidik Anju Kish berbagi tips tentang beberapa pertanyaan anak terkait seks.


Poin pertama yang paling penting untuk diketahui adalah tidak pernah memarahi anak ketika dia mengajukan pertanyaan atau tidak pernah menertawakan pertanyaan mereka. Cara yang benar untuk menyelesaikannya adalah menerima pertanyaan dengan wajah lurus dan menjawab dengan wajah lurus.

Hargai anak karena telah mendatangi Anda dengan pertanyaan itu. Anda dapat meminta waktu untuk menjawab pertanyaan juga. Baca dan lakukan penelitian karena itu akan memastikan bahwa Anda menjaga pintu komunikasi tetap terbuka. (Baca juga: Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Pencernaan dan Jantung ).

Jika Anda sebagai orang tua mampu meyakinkan anak bahwa tidak ada pertanyaan yang konyol, Anda melakukan pekerjaan dengan baik! Buat mereka percaya bahwa tidak ada subjek yang tabu di rumah.

Anak-anak menjadi ingin tahu tentang tubuh mereka dan mungkin bertanya tentang alat kelamin mereka atau sering menyentuhnya. Pertanyaan mereka seringkali tidak memiliki kesederhanaan. Lalu bagaimana seharusnya orang tua menanganinya?

Kesalahan pertama yang kerap dibuat orang tua adalah tidak mengajari anak-anak nama-nama alat kelamin yang benar. Jangan berikan nama hewan peliharaan ke alat kelamin hewan. Anda harus menyindir anak Anda dengan kosakata yang tepat. Juga, menyentuh alat kelamin saat anak kecil tidak apa-apa karena bagi mereka, rasanya enak sama seperti ketika mereka melakukan pijat kepala atau pijat punggung.

Tapi lakukan percakapan. Katakan kepada mereka hal-hal tertentu hanya dilakukan dalam privasi. Jika itu menjadi kecanduan, buat kata kode untuk memberi tip setiap kali mereka melakukannya secara publik.

Jangan memarahi atau membuat mereka merasa bersalah karenanya karena mereka akan berpikir ada sesuatu yang sangat salah.

Berapa usia yang tepat untuk berbicara dengan anak-anak tentang seks? Tidak ada usia yang benar atau salah untuk berbicara dengan anak tentang seks. Jika anak telah menyuarakan pertanyaan, jawablah usianya dengan tepat.

“Jika mereka bertanya 'Apa itu seks?', Beri mereka penjelasan singkat tentang hal itu tanpa terlalu banyak detail. Karena jika Anda tidak menjawab, mereka akan mencari jawaban di internet. Mereka harus tahu bahwa tidak ada pertanyaan terkait seks yang negative,” kata Anju Kish.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5509 seconds (0.1#10.140)