Berbuka Puasa dengan Menu Kekinian di Lawang Sewu Semarang

Rabu, 08 Mei 2019 - 15:30 WIB
Berbuka Puasa dengan Menu Kekinian di Lawang Sewu Semarang
Berbuka Puasa dengan Menu Kekinian di Lawang Sewu Semarang
A A A
SEMARANG - Buka puasa menjadi waktu yang paling dinantikan setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Menu buka puasa kekinian di Kota Semarang Jawa Tengah bisa menjadi pilihan, karena tak hanya menawarkan kelezatan tetapi juga cantiknya penampilan.

Menyaksikan menu makanan yang kekinian tentu sudah terbayang betapa lezatnya untuk disantap ketika azan maghrib berkumandang. Kuliner kekinian di sebuah restoran di Semarang ini bernama Salted Egg Chicken, atau daging ayam berbalut telur asin.

Bahan-bahan dibutuhkan antara lain daging ayam, tepung, kuning telur asin, sayuran berupa jamur, kacang panjang dan putren, serta mentimun. Sementara bumbunya adalah bawang putih, bawang merah, cabai, jeruk nipis, serta margarine.

Cara pembuatannya cukup mudah yakni balurkan tepung ke daging ayam secara merata dan goreng hingga kering. Setelah itu tumis bumbu hingga harum dan masukkan kuning telur asin. Masukkan pula daging ayam tepung tadi selama sekira dua menit.

Jangan lupa sayur-sayuran direbus hingga matang. Dan kini tiba saatnya untuk plating. Pertama siapkan nasi yang dicetak memanjang dan taburi dengan wijen hitam. Tata berbagai sayuran agar terlihat cantik. Baru kemudian taruh daging ayam berbalut telur asin.

Makanan itu akan terasa lebih nikmat, karena pengunjung sambil menyaksikan indahnya bangunan tua Lawang Sewu yang berada di samping restoran. Lokasi ini pun cocok menjadi tempat ngabuburit, karena lampu-lampu di Lawang Sewu akan menyala hingga menambah eksotisme menjelang malam.

“Makanan ini tak hanya cantik penampilannya tetapi juga memiliki makna filosofi. Nasi putih ditaburi wijen hitam ini, ibarat kita awalnya suci kemudian terdapat noda-noda dosa,” ujar chef Fajar Setiyono, Rabu (8/5/2019).

“Karena itulah kita buat nasinya memanjang dengan harapan doa kita bisa panjang. Kita tidak pernah berhenti berdoa untuk memohon ampunan sekaligus meminta yang terbaik untuk hidup di dunia dan akhirat,” tambahnya.

Pengelola Resto Verve Semarang, Jogrez, menyampaikan, sengaja menghadirkan menu kekinian untuk dinikmati pengunjung agar bisa meberi pengalaman tersendiri. Menu makanan tak hanya ditata apik dan berasa lezat tetapi pengunjung juga sembari menyaksikan indahnya Lawang Sewu.

“Kita memang menyiapkan menu kekinian ini sebagai menu buka puasa Ramadhan. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau yakni Rp55.000 per porsi sudah termasuk minuman dan takjil untuk berbuka puasa,” kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7909 seconds (0.1#10.140)