Begini Cara Pencegahan terhadap Virus Monkeypox

Jum'at, 10 Mei 2019 - 23:30 WIB
Begini Cara Pencegahan terhadap Virus Monkeypox
Begini Cara Pencegahan terhadap Virus Monkeypox
A A A
JAKARTA - Hingga saat ini, belum ada pengobatan khusus atau vaksin yang tersedia untuk virus monkeypox. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan beberapa cara. Salah satunya menghindari kontak langsung dengan pasien lain mengalami infeksi virus ini.

Selain itu, dengan tidak adanya pengobatan atau vaksin khusus, satu-satunya cara untuk mengurangi infeksi pada orang adalah dengan meningkatkan kesadaran tentang faktor risiko dan mendidik orang tentang langkah-langkah yang dapat mereka ambil untuk mengurangi pajanan terhadap virus.

Dilansir dari situs resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO), tindakan pengawasan dan identifikasi cepat kasus baru sangat penting untuk penanggulangan wabah. Penting juga untuk mengurangi risiko penularan dari hewan ke manusia. Upaya untuk mencegah penularan di daerah endemik harus fokus pada menghindari kontak dengan tikus dan primata.

Batasi paparan langsung terhadap darah dan daging, serta memasaknya secara menyeluruh sebelum dikonsumsi. Sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai harus dipakai saat menangani hewan yang sakit atau jaringannya yang terinfeksi, dan selama prosedur pemotongan. Mengurangi risiko penularan dari manusia ke manusia.

Kontak fisik yang dekat dengan orang yang terinfeksi monkeypox atau bahan yang terkontaminasi harus dihindari. Sarung tangan dan peralatan pelindung harus dipakai saat merawat orang sakit. Mencuci tangan secara teratur harus dilakukan setelah merawat atau mengunjungi orang sakit. Dianjurkan isolasi pasien baik di rumah atau di fasilitas kesehatan.

Petugas kesehatan yang merawat pasien dengan dugaan infeksi virus monkeypox yang dikonfirmasi, atau menangani spesimen dari mereka, harus menerapkan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi standar. Petugas kesehatan dan mereka yang merawat atau terpapar pasien dengan monkeypox atau sampel mereka harus mempertimbangkan diimunisasi terhadap cacar melalui otoritas kesehatan nasional mereka.

Sampel yang diambil dari orang dan hewan yang diduga terinfeksi virus monkeypox harus ditangani oleh staf terlatih yang bekerja di laboratorium yang dilengkapi dengan baik. Pengangkutan spesimen pasien harus memastikan pengemasan yang aman dan mengikuti pedoman untuk bahan infeksius.

Pencegah lainnya yang bisa dilakukan adalah membatasi atau melarang pergerakan mamalia kecil Afrika dan kera dapat efektif dalam memperlambat ekspansi virus di luar Afrika. Hewan tawanan yang berpotensi terinfeksi monkeypox harus diisolasi dari hewan lain dan ditempatkan di karantina langsung. Selain itu, hewan apa pun yang kontak dengan hewan yang terinfeksi harus dikarantina, ditangani dengan tindakan pencegahan standar dan diamati untuk gejala monkeypox selama 30 hari.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)