Buka Puasa Saat Perjalanan Mudik, Ini Tips Sehat dari Para Ahli

Sabtu, 01 Juni 2019 - 14:03 WIB
Buka Puasa Saat Perjalanan Mudik, Ini Tips Sehat dari Para Ahli
Buka Puasa Saat Perjalanan Mudik, Ini Tips Sehat dari Para Ahli
A A A
JAKARTA - Berpuasa sambil melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman menjadi tantangan tersendiri. Selain harus menahan haus dan lapar, paparan sinar matahari dan kemacetan dapat menurunkan kadar konsentrasi serta kewaspadaan, khususnya bagi mereka yang mengendari kendaraan.

Bagi mereka yang harus menempuh perjalanan jauh dan lama saat berpuasa, tentu menguras energi. Akibatnya, tak sedikit pemudik yang merasa kelelahan dan harus membatalkan puasa. Jika Anda harus berbuka puasa di jalan, dokter spesialis gizi klinis, Diana F Suganda menyarankan untuk memperhatikan asupan yang dimakan.

"Buka puasa di jalan tidak berbeda dengan biasanya. Tetap harus memperhatikan makanan. Jangan makan sembarangan," saran Diana.

Sama seperti berbuka puasa di rumah, Diana menghimbau untuk membatalkan puasa dengan mengkonsumsi makanan yang manis. Seperti halnya, buah atau smoothie dan air putih. Alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi teh manis atau biskuit yang dapat mengembalikan energi.

"Kita harus bisa ngira-ngira, sekiranya perjalanan masih jauh dan kita belum sampai saat Magrib, bisa beli dulu makanan. Air putih, kurma cukup atau yang manis dan lembut seperti smoothie. Dijalan bisa beli teh manis atau biskuit," lanjutnya. (Baca juga: 11 Tips Menghindari Terkena Penyakit Saat Mudik Lebaran ).

Hal senada diungkapkan dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK. Meski terpaksa berbuka puasa di jalan, disarankan untuk tidak sembarangan mengkonsumsi makanan demi kesehatan. Seperti halnya jus buah atau minuman yang mengandung buah.

Minuman jenis ini bisa mencukupi kebutuhan gula tubuh dan mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. "Ada yang batalin puasa cuma makan permen yang penting ada manis-manisnya. Tapi tetap harus minum air karena tubuh membutuhkan cairan. Cairan tubuh harus tercukupi," kata dr Inge.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4550 seconds (0.1#10.140)