5 Tips Sehat Mudik Lebaran, Nyaman hingga Kampung Halaman

Jum'at, 05 April 2024 - 07:50 WIB
loading...
5 Tips Sehat Mudik Lebaran, Nyaman hingga Kampung Halaman
Ada beberapa tips sehat selama perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. Hal ini penting diketahui mengingat puncak arus mudik diprediksi dimulai hari ini. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips sehat selama perjalanan mudik Lebaran ke kampung halaman. Hal ini penting diketahui oleh masyarakat mengingat puncak arus mudik diprediksi dimulai hari ini, Jumat (5/4/2024).

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mudik Lebaran ke kampung halaman mengingat masih menjalankan ibadah puasa. Agar tetap sehat, rencanakan perjalanan Anda dengan baik, termasuk memeriksa kondisi kendaraan, rute perjalanan, dan titik-titik istirahat yang diperlukan.

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan mudik ke kampung halaman yang panjang. Selama perjalanan, berhenti secara teratur untuk istirahat dan meregangkan tubuh. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi.

Tips Sehat Mudik Lebaran



Berikut tips sehat mudik Lebaran dilansir dari Advance Did Medical, Jumat (5/4/2024).



1. Konsumsi Makanan Sehat


Pertama mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat seperti sayur, buah, hingga protein kaya akan vitamin dan memenuhi nutrisi dalam tubuh. Mengonsumsi makanan sehat ini akan memengaruhi imunitas dan kebugaran tubuh. Ini tentu penting saat perjalanan mudik Lebaran sehingga asupan perlu dijaga.

2. Tetap Terhidrasi


Menjaga tubuh tetap terhidrasi juga penting untuk menjaga kesehatan selama mudik Lebaran. Bila Anda masih menjalankan ibadah puasa, pastikan asupan cairan tetap terpenuhi saat sahur dan berbuka. Perjalanan mudik yang panjang membuat Anda mudah dehidrasi. Untuk itu, sediakan selalu botol air minum yang bisa Anda konsumsi saat di perjalanan.

3. Batasi Makanan Manis


Anda mungkin tergoda untuk makan berlebihan saat bepergian termasuk mengonsumsi makanan manis. Namun, makanan yang manis dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan dan gangguan tidur. Batasi mengonsumsi makanan manis tersebut agar tubuh Anda bisa tetap sehat dan tidak mudah ngantuk selama di perjalanan.



4. Hindari Makanan Pedas


Masih soal asupan, menghindari makanan pedas saat mudik juga perlu Anda lakukan. Makanan pedas rentan membuat sakit perut hingga buang-buang air. Hal itu tentu akan membuat perjalanan mudik Anda menjadi tak nyaman. Ada baiknya menghindari makanan pedas agar perjalanan mudik tidak terganggu.

5. Tidur yang Cukup


Sering kali pemudik memaksakan diri dan kurang tidur selama perjalanan mudik. Padahal, kurang tidur bisa memengaruhi stamina dan kesehatan Anda. Untuk itu, segera cari rest area terdekat bila merasa lelah atau menjelang malam hari.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)