5 Pertimbangan Sebelum Hamil dan Memiliki Anak

Jum'at, 27 September 2019 - 09:04 WIB
5 Pertimbangan Sebelum Hamil dan Memiliki Anak
5 Pertimbangan Sebelum Hamil dan Memiliki Anak
A A A
JAKARTA - Setelah menikah, tahapan yang diharapkan adalah memiliki anak dan menjadi keluarga kecil bahagia. Namun, ada banyak hal yang harus dilakukan dan dipertimbangkan.

Sebelum benar-benar hamil, Anda harus 'mempersiapkan' tubuh Anda untuk perubahan yang menyenangkan. Berkonsulitasi dengan dokter juga menjadi langkah yang baiknya dilakukan agar kehamilan berjalan lancar. Seperti dilansir Times of India, berikut adalah daftar yang baiknya dipertimbangkan:

1. Konsultasi
Berkonsultasi dengan dokter sebelum hamil. Menjadwalkan kunjungan 'prakonsepsi' dengan OB/ GYN dapat membuat Anda mendapat informasi tentang hal-hal yang mungkin tidak Anda ketahui. Dokter juga dapat memberi Anda nasihat tentang ovulasi dan membantu Anda merencanakan kehamilan dengan cara yang lebih baik. Ini sangat membantu bagi orang-orang yang pernah mengalami kehamilan yang sulit di masa lalu, menderita komplikasi kesehatan atau berusia di atas 35 tahun, yang semuanya menimbulkan masalah dalam kesuburan.

2. Riwayat medis keluarga
Sebelum Anda benar-benar berpikir tentang memiliki bayi, penting untuk memeriksa riwayat medis keluarga untuk menutupi risiko kelainan genetik, penyakit kronis, dan masalah kesuburan lainnya. Penyakit genetik dapat diuji pada usia dini sehingga akan sangat membantu jika Anda menanggung risiko jauh-jauh hari. Bicaralah dengan keluarga dan keluarga pasangan untuk memeriksa hal-hal itu. Jika Anda atau keluarga Anda berisiko, penyaringan dapat meredakan ketakutan Anda.

3. Anggaran dan pengeluaran
Mari kita hadapi itu. Membesarkan bayi tidak murah dan ada banyak biaya yang harus dibayar di muka ketika Anda harus menjadwalkan janji temu, kunjungan, dan pemeriksaan melalui kehamilan Anda. Ada juga barang yang harus dibeli untuk kedatangan sang buah hati. Ketika Anda memiliki anggaran dalam pikiran dan telah melakukan perencanaan sebelumnya, ini dapat membantu Anda menghilangkan kerepotan dan ketegangan yang tidak perlu nantinya. Penganggaran pada tahap awal juga dapat membantu Anda sepenuhnya merawat keluarga Anda yang sedang tumbuh, tanpa harus mengurangi atau menunda hal-hal selama waktu penting.

4. Suplemen prenatal
Persediaan pada suplemen prenatal, vitamin, dan asam folat pada hari-hari awal ketika Anda berpikir tentang hamil hanya dapat meningkatkan peluang Anda untuk hamil. Memiliki diet sehat, mengonsumsi vitamin prenatal esensial juga membantu tubuh untuk konsepsi, implantasi janin, dan kehamilan lancar. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ginekolog Anda sebelum memulai dosis.

5. Perawatan

Menangani bayi bukanlah pekerjaan mudah dan itu adalah sesuatu yang membutuhkan komitmen seumur hidup. Jadi, sebelum Anda hamil, penting untuk memikirkan kembali dan menghilangkan ketakutan yang mungkin Anda miliki.

Anda harus siap untuk memikul semua tanggung jawab dan risiko sehingga bertanya pada diri sendiri dan pasangan tentang pertanyaan tentang pengasuhan anak, merawat anak berkebutuhan khusus (jika perlu), membesarkan dan mengasuh bersama harus diberhentikan sekaligus sebelum menimbulkan komplikasi kemudian.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)