Perkenalkan Batik Marunda lewat Menyentuh Hati Mengubah Hidup

Jum'at, 27 September 2019 - 21:30 WIB
Perkenalkan Batik Marunda lewat Menyentuh Hati Mengubah Hidup
Perkenalkan Batik Marunda lewat Menyentuh Hati Mengubah Hidup
A A A
JAKARTA - Plaza Indonesia berkolaborasi dengan Yayasan Meek Nusantara, batik marunda dan desainer mode Indonesia menggelar Menyentuh Hati Mengubah Hidup di Lamoda, Plaza Indonesia, Jakarta, Jumat (27/9/2019). Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pemberdayaan wanita di Rusunawa Marunda sekaligus melestarikan keberadaan batik marunda yang menjadi batik khas Jakarta.

"Hasil batik marunda kreatif dan luar biasa. Kewajiban kami membagikan ke mereka yang membutuhkan dan memberikan dampak positif," kata Zamri Mamat selaku General Manager Marketing Plaza Indonesia, Jakarta saat acara Menyentuh Hati Mengubah Hidup di Lamoda, Jakarta, Jumat (27/9/2019).

Sebanyak tiga desainer yakni SAMASAMA, (X).S.M.L dan Mira Hadiprana for Indonesia menampilkan koleksi terbaru mereka dengan menggunakan batik marunda. Masing-masing desainer menghadirkan 12 koleksi dengan ciri khas tersendiri.

"Ini kolaborasi sama batik untuk pertama kalinya. Kita dikasih lihat (batik marunda) banyak warnanya karena kita nggak pernah pakai banyak warna tapi dengan desainer, kita brainstorming dan kita pakai kota dan budaya sebagai inspirasi," kata perwakilan dari (X).S.M.L Jun.

"Hasilnya lumayan, setiap lukisan, setiap gambar bisa dipakai. Kita pakai setiap gambar agar tidak tersisa sama sekali agar bisa mengubah hidup mereka (warga di Rusunawa Marunda)," tambahnya.

Sementara, batik marunda merupakan batik khas Jakarta yang berbeda dari batik lainnya. Dengan warna dasar berupa hitam, merah, orange juga hijau, batik marunda berfokus pada motif flora dan fauna yang menjadi ciri khas mereka. Menariknya, batik ini dibuat secara kekinian dan cocok diaplikasikan dengan item fashion lainnya.

"Batik Marunda ini adalah sebuah batik yang amat sangat berbeda dari batik lainnya karena batik ini sangat menarik. Dulu ada batik Betawi, ada tugu nasionalnya atau Monas tapi batik Marunda lebih mengedepankan flora dan fauna," papar desainer sekaligus sekretaris Yayasan Meek Nusantara Mira Hadiprana.

Hadirnya acara ini pun diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Rusunawa Marunda sekaligus memperkenalkan batik marunda lebih luas. "Kami berharap acara ini dapat mendukung masyarakat Marunda untuk bisa melangkah maju dengan lebih baik melalui kegigihan, keindahan dan kreativitasnya yang dituangkan dalam batik marunda," tutur Zamri.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8125 seconds (0.1#10.140)
pixels